PEKANBARU - Ketua Komisi V DPRD Riau, Eddy A Moh Yatim, Pemerintah Provinsi (Pemprov) mulai memperhatikan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) jika ingin meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Disampaikan Eddy, pihaknya kemarin melakukan rapat evaluasi dengan dinas ini dan dihadiri langsung oleh Kepala Dinas yang baru, Mimi Nazir. Dia berharap, Mimi bisa membenahi dinas ini.

"Buk Mimi kan sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan, kita berharap dia bisa menyehatkan dinas ini, jangan seperti-seperti dulu," kata Politisi Demokrat tersebut, Jumat (28/1/2022).

Selama ini, jelas Eddy, DPK dianggap seperti dinas buangan yang tidak menjadi prioritas pemerintah, dibuktikan dengan anggaran untuk program yang hanya Rp 1 Miliar saja.

Padahal, menurutnya, dinas ini sangat menentukan IPM Provinsi Riau. Untuk itu, perlu dilakukan perubahan mindset agar dinas ini mendapat perhatian lebih, sehingga bisa bekerja lebih optimal.

"Harus ada mindset baru bahwa ini OPD penting, terkait dengan bagaimana kita membangun manusia yang ada di Provinsi Riau. Berikan ruang gerak yang lebih besar untuk dinas ini, jangan Rp 1 M terus," tutupnya. ***