PASIRPANGARAIAN, GORIAU.COM - Desa Pasir Agung Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu, ditargetkan menjadi sentra sapi di Rokan Hulu karena memiliki populasi ternak lebih 3.000 ekor. Di daerah ini peternakan sapi dikelola oleh kurang lebih 850 Kepala Kaluarga (KK) dan setiap setiap KK memiliki ternak sapi.

Camat Bangun Purba, Tengku Fauzan didampingi Kades Pasir Agung, Siswanto, Minggu (26/10/2014) mengatakan, kini banyak warga luar Rohul bahkan Riau, membeli sapi melalui agen-agen sapi di Pasir Agung.

Walaupun daerah eks transmigrasi tersebut sebagai sentra perkebunan kelapa sawit dan karet yang luasnya capai 2000 hektar, namun menurut Tengku Fauzan, warga di desa itu rata-rata memiliki ternak sapi.

''Penduduk di daerah itu, rata-rata miliki ternak sapi, mereka hobi beternak sapi, sehingga kawasan Pasir Agung dijadikan sebagau sentra ternak sapi di Kecamatan Bangun Purba ini,'' terang Tengku Fauzan.

Salah seorang agen sapi besar di Desa itu, Kusno mengakui, dirinya sudah sejak tahun 1990 jadi agen sapi, dan selalu mengambil sapi dari dari daerah itu. ''Jika jelang Idul Adha, saya bisa menjual 130 ekor sapi kurban dan hari-hari biasa bisa menjual 2 ekor per harinya,'' ujarnya.

''Permintaan datang dari dalam Rohul juga dari daerah lain seperti di Sumatera Utara dan lainnya. Sapi-sapi yang kita jual, kita kumpulkan dari peternak sapi di desa kita ini, termasuk 5 desa tetangga lainnya baik di Kecamatan Bangun Purba dan Rambah Hilir,'' jelas Kusno.

Kusno juga mengakui, karena banyaknya populasi ternak di Desa Pasir Agung, dirinya jarang kesulitan mengumpulkan sapi warga yang akan dijualnya. Apalagi, saat ini untuk 1 ekor sapi ukuran dewasa rata-rata dijual bisa Rp10 juta per ekornya, sedangkan untuk sapi kurban bisa capai Rp11 juta hingga Rp12 juta per ekornya.

Meskipun begitu, namun tahun ini, pembeli sapi merosot. Itu karena faktor sulitnya ekonomi masyarakat, seperti halnya Idul Adha tahun ini pembeli sapi kurban cuma 61 ekor saja, padahal tahun-tahun sebelumnya bisa capai 130 ekor terjual bahkan lebih. (ram)