JAKARTA - MNC Group dan TVRI mendapat hak siar SEA Games 2021 Vietnam dari Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia). Kedua stasiun televisi ini bakal menyiarkan secara resmi perjuangan atlet-atlet Indonesia yang akan berlaga di multi-event dua tahunan bergengsi ASEAN edisi ke-31.

Wakil Sekretaris Jenderal NOC Indonesia, Wijaya Noeradi mengatakan masyarakat dapat mulai menonton perjuangan atlet Indonesia di SEA Games Vietnam mulai Jumat (06/05) pukul 19.00 WIB, di mana Timnas Sepak Bola U-23 Indonesia bertemu tuan rumah pada laga perdana babak penyisihan Grup A di Stadion Viet Tri, Phu Tho.

“MNC Group kembali menjadi official broadcaster SEA Games Vietnam. Ini merupakan komitmen yang telah disepakati MNC dengan NOC Indonesia sejak SEA Games 2019 Manila. Sementara TVRI mendapatkan hak siar dikarenakan statusnya sebagai Lembaga Penyiaran Publik Indonesia. Masyarakat Indonesia,” ujar Wijaya, Jumat (06/05/2022).

MNC, lanjut Wijaya, mendapat hak menyiarkan pertandingan SEA Games secara terestrial free to air yang bisa disaksikan secara live di tiga channel, yakni iNews, MNC TV, dan RCTI. Begitu juga dengan TVRI.

Sebelumnya, laman resmi SEA Games Vietnam sempat merilis panitia penyelenggara (VIESGOC) tidak menjual hak siar penayangan. Namun, regulasi yang tertulis dalam Pasal 53 Piagam South East Asian Games Federation (SEAGF) menulis tegas bahwa ‘Hak peliputan media di wilayah masing-masing NOC dipegang oleh masing-masing NOC. Stasiun radio/televisi yang berkenan untuk menyiapkan multi-event tersebut harus lebih dulu mendapatkan persetujuan NOC’.

“Secara locus (tempat) penyiaran di Indonesia, sehingga kami tetap merujuk pada Piagam SEAGF,” kata Wijaya.

“NOC Indonesia hanya memberikan hak siar penayangan SEA Games Vietnam kepada MNC dan TVRI di Indonesia, sehingga jika stasiun televisi lain tidak diperkenankan menayangkan pertandingan, termasuk opening ceremony dan closing ceremony.”

Opening ceremony SEA Games Vietnam rencananya akan digelar di Stadion National My Dinh pada 12 Mei. Sementara Closing ceremony diadakan di Hanoi Indoor Games Gymnasium pada 23 Mei.

Indonesia bersama 10 negara ASEAN lainnya dijadwalkan mengikuti defile kontingen, pada opening ceremony. Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Ferry Kono akan memimpin kontingen Merah Putih defile dan dia akan menggunakan baju daerah Gorontalo dan akan didampingi flag bearer Emilia Nova serta 29 perwakilan atlet lainnya yang akan mengenakan seragam defile dengan ikat kepala yang merepresentasikan keragaman budaya Indonesia.

Tim Indonesia untuk SEA Games Vietnam berkuatan 499 atlet yang akan berpartisipasi di 32 dari 40 cabor. Tim Indonesia ini juga mendapat dukungan dari official patners, seperti Wall’s dan Li-Ning, serta official media patner Merah Putih Media. ***