PEKANBARU - Pelaksanaan Pekanbaru Run 2019, hari ini, Minggu (30/6/2019) sebagai salah salah satu rangkaian acara pada pagelaran Pekanbaru Achievement Sports Tourism 2019 berakhir, berlangsung meriah.

Diikuti sekitar 800 peserta, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pekanbaru menyampaikan apresiasi kepada animo masyarakat yang turut berpartisipasi.

Ketua Umum KONI Pekanbaru, Anis Murzil ungkapkan beberapa target dalam pelaksanaan yang akan datang, bersama masyarakat akan bersinergi membudayakan hidup sehat di Kota Pekanbaru, salah satunya melalui iven Pekanbaru Run.

"Walaupun saat ini sudah ada belasan komunitas lari namun kami rasa hal itu belum cukup. Diharapkan ini semakin tumbuh dan banyak lagi, dan seluruh sudut kota memiliki komunitas lari," Kata Anis di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Tunjuk Ajar Jalan Ahmad Yani, Pekanbaru, Minggu (30/6/2019).

Tidak hanya itu, Anis juga menargetkan  ingin menjadikan moment ini untuk mengundang daerah lain agar datang ke Kota Pekanbaru. 

Karena dengan mengikuti Pekanbaru Run peserta dapat menyaksikan keindahan kota melintasi 3 Jembatan Siak.

"Pesona lari yang dihadirkan di Kota Pekanbaru berbeda dengan pesona yang ada di daerah-daerah lain," tambahnya.

Ditambahkan, dalam hari jadi ke 235 Kota Pekanbaru, KONI telah menyuguhkan berbagi rangkaian acara seperti deep water soloing atau panjat tebing, dragon boat festival dan Pekanbaru Run, dalam tema Pekanbaru Achievement Sports Tourism,  menjadi cabang olahraga yang dimunculkan ke publik sebagai sarana wisata.

"Kita harapkan motivasi olahraga, wisata serta pemberdayaan ekonomi UMKM secara otomatis akan lebih tumbuh," pungkasnya.

Berikut daftar pemenang Pekanbaru Run 2019 berdasarkan kategori diantaranya yaitu  kategori 2K Putri, juara 1 Nilam Suri, juara 2 Dinda Imeiza, dan juara 3 Ester. Kategori Putra peringkat pertama Zildan Afariz, peringkat kedua Fatur Rahman, dan peringkat ketiga Danis Pusan.

Kemudian kategori 3K Putra, juara 1 Rohid Azwar, juara 2 Ferdiansyah, dan juara 3 Hiposeti Warma. Sedangkan Kategori Putri  posisi pertama Shinta Melida, posisi kedua Rita Ariani, dan posisi ketiga Hafiziam Adila.

Kategori 3K Umum, Redya Yuniar, Mizwar latua, dan kukuh ola budiman. Trakhir kategori 3K tingkat ASN yaitu Firman Hadi, Yulisa dan Diana Sari Dewi.

Untuk kategori 5K Putra, peringkat pertama oljumura, peringkat kedua Novrial, dan peringkat ketiga Indokarni. Kemudian kategori 5K Putri, juara 1 Juni, juara 2 Nasari, dab juara 3 Dewi Heni.

Terakhir kategori 10K Putri yaitu juara 1 Yura, juara 2 Dwi Tiansi, dan juara 3 Suci. Kemudian kategori Putra peringkat pertama Beni, peringkat kedua Yunus, dan peringkat ke 3 Khairullah. ***