PEKANBARU - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Hanura melantik pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Hanura Riau dan 12 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Hanura se-Riau, sekaligus Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD Partai Hanura Riau, Senin (20/12/2021).

Wakil Ketua Umum (Waketum) Bidang Ideologi dan Politik Partai Hanura, Djafar Badjeber, mengungkapkan, Partai Politik (Parpol) merupakan institusi inti dalam negara demokrasi. Sehingga, Partai Hanura harus bisa memaksimalkan perannya.

"Hari ini juga kita akan melaksanakan Rakerda, momentum Rakerda, harus menjadi evaluasi kita, tentang apa yang pernah dilakukan dan apa yang akan dilakukan kedepannya," ujar Djafar Badjeber.

Djafar menambahkan, kader-kader Partai Hanura harus membuat program-program yang menyentuh masyarakat banyak, sehingga masyarakat bersimpati kepada Partai Hanura.

Untuk kader Partai Hanura yang saat ini menerima amanah dari rakyat untuk duduk di kursi legislatif, Djafar menekankan, agar mereka bisa memperjuangkan apa yang menjadi kepentingan rakyat banyak.

"Saudara harus punya argumentasi kepada eksekutif. Itu yang disebut mampu mempengaruhi pemerintah, mampu mempengaruhi kebijakan. Jangan merasa fraksi kecil, kemudian tidak berani bersuara," tuturnya.

Sebab, kata Djafar, dengan kuantitas yang sedikit, Partai Hanura harus bisa unggul dalam kualitas. Jika ini dilakukan kader Partai Hanura, bukan tidak mungkin Hanura Riau bisa mengukir sejarah kebangkitan di Riau.

"Saya yakin, Suhardiman Amby cs bisa melakukan ini, beliau ini kader lama saya, saya paham betul kemampuannya," tutupnya.

Sementara itu, Ketua DPD Hanura Riau, Agus Widayat, mengatakan, pihaknya akan bekerja keras hingga tingkat terbawah untuk merebut hati masyarakat, terutama saat rakyat dilanda musibah, terutama kader yang saat ini menjabat anggota dewan.

"Anggota dewan itu kan dipilih rakyat, dapat mandat, ya harus bekerja dengan rakyat, bukan duduk manis memikirkan untung rugi," ujarnya.

Terkait verifikasi faktual Parpol yang akan dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam sisa waktu beberapa bulan lagi, Agus optimis Hanura bisa lolos sebagai peserta Pemilu 2024. ***