PEKANBARU - Untuk pertama kalinya, 150 santri, guru dan pengurus di Pondok Pesatren (Ponpes) Miftahul Huda, yang berada di Jalan Setia, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru, disuntik vaksin Covid-19.

150 orang itu menerima vaksin pada hari Jumat (11/6/2021), dalam kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan oleh Polresta Pekanbaru.

"Vaksinasi terhadap santri pondok pesantren ini merupakan perdana dilakukan di Kota Pekanbaru," ujar Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya.

Perwira menengah dengan bunga tiga di pundaknya itu menyebutkan, sekitar 150 orang di Ponpes Miftahul Huda Pekanbaru itu antusias dalam menjalani vaksinasi. Sebab, tidak ada yang menolak divaksin.

"Bahkan, warga sekitar Ponpes Miftahul Huda juga kami ajak untuk mengikuti vaksin Covid-19, dan mereka juga sangat mau," jelas Nandang.

Bagi para santri, kata Nandang, ini merupakan vaksinasi perdana digelar di Kota Pekanbaru. Selain itu, Polresta Pekanbaru juga berkeliling dari rumah ke rumah warga khususnya lanjut usia untuk melakukan vaksinasi.

"Kalau untuk vaksinasi dari rumah ke rumah warga itu, sudah sekitar 5.000 orang yang kami lakukan vaksin. Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar," ucap Nandang.

Polresta Pekanbaru masih terus menggesa vaksinasi ke sejumlah lokasi, baik para anak muda, maupun orang tua. "Nanti akan kita rencanakan untuk menggelar vaksinasi di pondok pesantren lainnya yang ada di Kota Pekanbaru," pungkasnya. ***