PEKANBARU - Ikatan Keluarga Persaudaraan Tionghoa Bengkalis (IKPTB), merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-18, Selasa (8/8/2017) malam nanti. Ribuan tamu juga bakal hadir dalam perayaan organisasi sosial kemasyarakatan yang tidak berpolitk (non-politik) dan tidak mencari keuntungan (non-profit) ini.

Ketua Panitia HUT IKPTB ke-18 Rudi Hartono mengatakan, ribuan orang ini adalah tamu dari dalam maupun luar kota, seperti misalnya Jakarta, Batam, Tanjung Pinang, Dumai, Duri, Bengkalis, Sungai Pakning, Sungai Apit, Bukit Batu dan sebagainya. Bahkan juga dari luar negeri, seperti Malaysia serta Singapura.

"Kesemuanya adalah tamu, mitra dan donator dari IKPTB," terang Rudi yang juga Wakil Ketua Umum IKPTB. Perayaan tersebut bersifat internal, dari anggota, oleh anggota dan untuk anggota IKPTB. Itu juga dikatakan Wakil Ketua Panitia HUT, Dirmanto kepada GoRiau.com, Selasa (8/8/2017) siang.

Banyak yang bakal disuguhkan nanti, termasuk penyanyi yang sudah pernah tampil dibeberapa event, baik dalam kota Pekanbaru maupun di luar kota. Bahkan sebuah tarian yang telah berhasil masuk menjadi Finalis Odyssey of the mind 2017 World Finals Banner Contest di Michigan, Amerika Serikat, juga disuguhkan nanti.

"Ini tentunya sangat membanggakan, karena personilnya ada yang berasal dari anggota IKPTB. Tarian ini telah mengukir prestasi dengan memperoleh juara satu di kota Pekanbaru, dan telah mewakili di ajang nasional yang diselenggarakan di Kota Manado, dan juga sudah lolos di Malaysia hingga mewakili Indonesia di ajang Internasional di Michigan – USA," terangnya.

IKPTB yang didirikan sejak 18 tahun yang lalu ini merupakan organisasi sosial yang melaksanakan visi dan misi sosial, dengan tujuan utama pada saat itu adalah untuk melayat (Sangcong) kepada sesama anggota yang berasal dari Bengkalis.

Pada saat itu banyaknya masyarakat Tionghoa Bengkalis yang merantau ke Pekanbaru, namun belum saling kenal, sehingga dibentuklah organisasi yang bisa mengumpulkan para anggota agar saling mengenal dan membantu serta menjalin persahabatan dari daerah yang sama.

Ketua Umum IKPTB, Toni disela-sela gladi resik persiapan HUT tersebut menjelaskan, berawal dari adanya semangat gotong royong dan saling membantu serta saling berkomunikasi inilah membuat IKPTB hingga saat ini tetap eksis dan sangat dibutuhkan oleh anggota, di mana jumlahnya juga semakin meningkat.

Seiring waktu, organisasi IKPTB juga berkembang, dari sebelumnya melayat (sangcong), sekarang sudah memiliki berbagai bidang kegiatan untuk menunjang perkembangan dan tuntutan organiasi ke depan, diantaranya Bidang Sosial, Olahraga, Seni dan Budaya, Usaha, Muda-Mudi, Humas, Pendidikan serta Hukum. ***