PEKANBARU – Empat tim sudah mendapatkan tiket babak semifinal Liga Champions musim 2023/2024. Real Madrid menjadi tim terakhir yang lolos usai mendepak juara bertahan Manchester City.

Madrid mengalahkan Man City 4-3 di dalam adu penalti pada perempatfinal leg kedua, Kamis (18/4/2024) dinihari WIB.

Dengan hasil itu Los Blancos berhak lolos dengan agregat 4-4, menyusul hasil imbang 1-1 yang berlangsung sampai extra time.

Selanjutnya Madrid akan menghadapi ujian sulit lainnya. Raksasa Spanyol itu akan berjumpa dengan Bayern Munich, yang lolos setelah menang tipis atas Arsenal 1-0 (agregat 3-2).

Dua tim lain yang lebih dulu memastikan kelolosannya ke semifinal Liga Champions adalah Borussia Dortmund dan Paris Saint-Germain. Kedua tim sama-sama membalikkan keadaan setelah kalah dari lawan masing-masing di perempatfinal leg pertama.

Dortmund menggasak Atletico Madrid 4-2 di Signal Iduna Park kemarin (17/4/2024). Hasil tersebut mengantar Die Borussen maju ke babak empat besar dengan keunggulan agregat 5-4. Dortmund mesti menunggu lebih dari satu dekade untuk melaju jauh lagi sejak menjadi finalis di 2012/13.

PSG akan menjadi lawan Dortmund di semifinal Liga Champions. Les Parisiens lolos setelah menyingkirkan Barcelona dengan agregat 6-4, berkat kemenangan telak 4-1 di Montjuic tengah pekan ini.

Pertandingan-pertandingan semifinal Liga Champions baru akan dimulai pada 30 April dan 1 Mei mendatang. Dortmund akan menjamu PSG di leg pertama, sedangkan Bayern akan kedatangan Madrid.***