PEKANBARU, GORIAU.COM - Dua desa di Kecamatan Inuman, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) terendam banjir akibat intensitas hujan yang cukup tinggi beberapa hari ini. Desa itu adlaah Desa Seberang Pulau Busuak dan Desa Pulau Sipan, Kecamatan Inuman.

Ketinggian air yang melanda dua desa ini mencapai 1,5 meter dan merendam sedikitnya 25 rumah warga. Kondisi terparah terjadi di Desa Pulau Sipan dimana ketinggian air mencapai 2 meter.

Hal tersebut dibenarkan oleh Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Inuman, Tarmizi Ali, S.Ip. ''Memang benar, kecamatan kami mengalami musibah. Desa yang mengalami banjir adalah Pulau Sipan dan Seberang Pulau Busuak,'' terang Tarmizi saat dihubungi via telpon oleh GoRiau.com, Rabu (30/10/2013) malam.

Tarmizi mengatakan, pihak dari pemerintah maupun Kecamatan belum menurunkan bantuan. ''Kami perlu menurunkan tim ke lokasi terlebih dahulu, kemudian berkoordinasi dengan kepala desa untuk membuat laporan, baru kami bisa mengajukan ke pihak kabupaten tentang musibah ini,'' ujar Tarmizi.

Sementara itu, masyarakat banyak yang mengeluh, pasalnya tempat mengadu mereka tidak ada, sehari-hari masyarakat dua desa ini hanya menyadap karet, sedangkan karet yang mau disadap juga ikut terendam banjir.

Kepala Desa Seberang Pulau Busuak, Inuman, Darmis mengatakan banjir tersebut dikarenakan Batang Kuantan yang meluap, air tersebut berasal dari Sumatera Barat. ''Banjir ini dikarenakan hujan lebat di daerah Sumatera Barat sehingga menyebabkan air mengalir deras ke Sungai Kuantan, dan sungai tidak bisa menampung debit air tinggi, jadi kamilah yang kena dampaknya,'' ungkap Darmis.

Ketinggian air yang melanda dua desa ini mencapai 1,5 meter dan merendam sedikitnya 25 rumah warga. Parahnya lagi ketigian air mecapai 2 meter di Desa Pulau Sipan.

Warga berharap bantuan segera turun dari pemerintah, warga berangkapan jika pemerintah masih belum menurunkan bantuan 2 hari atau 3 hari kedepan maka masyarakat banyak yang mengalami sakit karena tidak ada makanan yang mau dikonsumsi. ***