PEKANBARU - Citra satelit pada Rabu (1/4/2020) pagi ini mendeteksi ada tiga titik panas atau hotspot di Provinsi Riau. Yang mana, Riau dan Kepulauan Riau ini menjadi dua provinsi yang masih 'menyumbangkan' hotspot di Sumatera.

"Di Pulau Sumatera terdeteksi 12 titik panas, yaitu Kepulauan Riau terbanyak karena ada sembilan titik dan Riau tiga titik panas. Semuanya di atas level confidence 50 persen ini," kata Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Ahmad Agus Widodo di Pekanbaru, Rabu pagi.

Ia merincikan untuk tiga hotspot yang terpantau di Riau tersebut berada di dua kabupaten yakni Kabupaten Bengkalis dan Indragiri Hilir (Inhil).

Jika mengacu pada Satelit LAPAN, level confidence atau tingkat kepercayaan titik panas maupun titik api ini dibagi menjadi riga kategori yakni rendah, sedang dan tinggi. Dan jika dikonversi ke dalam persentase berturut-turut adalah 0-29 persen untuk level confidence rendah, 30-79 persen untuk level confidence sedang dan 80-100 persen untuk level confidence tinggi dapat diduga sebagai titik api.

"Dari tiga titik ini kalau diklasifikasikan lagi, yang mendekati dapat diduga debagai titik api ada satu, yaitu di Kecamatan Rupat Bengkalis karena berada di level confidence tingkat tinggi. Sedangkan dua titik panas di Kecamatan Kateman Inhil berada di level confidence sedang dan rendah," ujarnya. ***