SIAK - Sudah lebih sebulan kasus Covid-19 di Kabupaten Siak, Riau menurun drastis. Penurunan kasus positif Covid-19 ini tentunya tidak terlepas dari tingginya antusias warga untuk divaksin.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak, dr Toni Chandra mengatakan proses vaksinasi juga masih terus digencarkan oleh pemerintah Kabupaten Siak, Polri dan institusi lainnya. Ditambah lagi antusias masyarakat untuk divaksin juga semakin meningkat setiap harinya.

"Untuk itu kita terus menggesa kegiatan vaksinasi ini, termasuk untuk lansia dan pelajar. Hingga 16 November 2021, vaksin dosis 1 sudah mencapai 38.55 persen dari 70 persen yang ditargetkan atau sebanyak 132.678 orang dari 344.157 orang Demikian juga dengan dosis 2 dan 3, persentasenya meningkat," kata dr Toni Chandra, Minggu (21/11/2021).

Saat ini, kata dr Toni, untuk mengajak warga melakukan vaksin tidak serumit saat awal program vaksinasi ini dimulai. Warga justru dengan kesadaran sendiri mendatangi tempat-tempat atau pelayanan kesehatan yang melakukan kegiatan vaksinasi.

"Harapan kita, menjelang akhir tahun ini, target 70 persen vaksinasi di kabupaten Siak dapat terealisasi jika warga masih memiliki kesadaran yang tinggi untuk melaksanakan vaksinasi," ujar Toni lagi.

Pada pertengahan November ini, kata Toni, stok vaksin di Kabupaten Siak ada 78.650 dosis. "Diharapkan dengan terlaksananya nanti vaksinasi sebanyak 78.650 ini, progres 38 persen tadi bisa meningkat menjadi 56-58 persen. Sehingga masih ada 20 persen lagi yang harus kita minta vaksinnya, untuk dilaksanakan vaksinasi di tengah masyarakat dengan prioritas untuk lansia dan anak sekolah,ā€¯ujarnya. (Iwa)