PEKANBARU, GORIAU.COM - Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Riau mencatat pertumbuhan penduduk di Riau berada di atas rata-rata nasional. Sensus 2010, jumlah penduduk di Riau tercatat sebanyak 5.530.311 jiwa.

Setiap tahun, laju pertumbuhan penduduk di Riau berada di angka 3,95 persen, berada di atas rata-rata nasional yakni 1,49 persen.

Kepala Perwakilan BKKBN Riau, Indrawarman, Senin (28/9/2015) mengatakan, pertumbuhan penduduk yang besar ini bisa menjadi modal pembangunan bagi daerah yang bersangkutan. "Namun tentu saja jika diimbangi dengan kualitas SDM," katanya.

Tetapi sebaliknya, jika tidak diimbangi dengan kualitas SDM, maka jumlah penduduk yang besar ini akan menjadi beban bagi pemerintah dan masyarakat setempat.

Dikatakannya, penyebabnya jelas secara logika tingginya angka kelahiran dan menurunnya akngka kematian. Kemudian untuk kota-kota besar seperti Pekanbaru, banyak terjadi migrasi ke Riau.

Dengan persentase tersebut, Riau masuk dalam peringkat 10 besar daerah berpenduduk terbanyak di Indonesia dan menempati posisi keempat du Pulau Sumatera.

Lebih jauh disebutkannya, jika pertumbuhan penduduk tidak dikendalikan maka berkemungkinan dalam kurun waktu 10-15 tahun mendatang akan terjadi ledakan penduduk yang akan berdampak pada kehidupan masyarakat yang semakin terpuruk dalam jurang kemiskinan.***