RENGAT - Kendati berada di kecamatan paling ujung Kabupaten Indragiri Hulu, SDN 011 Peranap tetap tidak mau ketinggalan. Bahkan, upaya dan kerja keras pihak sekolah itu, mereka mampu menjadi yang terbaik di Kabupaten Inhu.

Dimana, SDN 011 Peranap berhasil meraih peringkat pertama Adiwiyata tingkat Kabupaten Inhu. Atas hal itu, sekolah tersebut langsung mendapatkan tiket untuk menuju penilaian di tingkat Provinsi Riau.

Atas peraihan prestasi itu, SDN 011 Peranap juga mendapatkan penghargaan dari Bupati Inhu H Yopi Arianto yang disampaikan langsung Kepala DLH (Dinas Lingkungan Hidup).

"Dari hasil penilaian yang kita lakukan, SDN 011 Peranap meraih poin unggul dari sekolah setingkatnya", ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ir Selamet menjawab wartawan.

Sebagai tindak lanjut atas prestasi yang diraihnya, Selamet mengaku akan tetap medilakukan pembinaan di berbagai bidang. Sehingga ketika masuk tahapan lomba di tingkat provinsi, pihak sekolah dapat melaluinya dengan lancar dengan harapan mampu menjadi juara dan menjadi utusan Provinsi Riau pada ajang yang sama di tingkat nasional.

Untuk itu harapnya, kepada sekolah lain yang mengikuti lomba dan belum berhasil, hendaknya kembali dapat berbenah. Sehingga pada tahun mendatang, mampu mengikuti lomba yang sama dan berhasil keluar sebagai juara. "Lomba ini lebih dititik beratkan kepada sekolah ramah lingkungan", jelasnya.

Sementara itu Kepala SDN 011 Peranap Nurlasmi mengatakan, bahwa terpilihnya SD Negeri 011 Peranap sebagai juara Adiwiyata tingkat Kabupaten Inhu tahun 2017 ini tidak terlepas dari visi sekolah yang ingin memperhatikan masalah konservasi lingkungan.

"Semua ini tidak terlepas dari kerja keras panitia dan majelis guru serta pihak-pihak lainnya", ujar Nurlasmi.

Atas amanah yang diberikan oleh tim penilai dan penghargaan yang berikan Bupati Inhu tersebut, pihaknya bertekat akan mampu mengharum nama daerah tingkat Provinsi Riau. Bahkan harapan bersama melalui lomba tersebut, hendaknya dapat mencapai keberhasilan di tingkat nasional.

Dan kedepan, dirinya mengharapkan adanya arahan dan petunjuk secara berkesinambungan dari sekolah pembina Adiwiyata dan pihak Pemkab Inhu. Karena keberhasilan itu tidak terlepas dari dukungan dan bimbingan semua pihak.

"Atas nama pihak sekolah, saya juga berharap doa masyarakat Inhu agar sekolah yang dipimpinnya itu dapat melalui semua tahapan penilian adiwiiyata tingkat provinsi mendatang," pungkasnya.(Jef)