PEKANBARU - Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru Agus Pramono mengklaim, penanganan pengangkutan volume sampah sudah mencapai 70 persen. Hal ini seperti dipaparkannya pada Jumat (8/1/2021).

"Sudah mulai berkurang (volume tumpukan sampah, red), termasuk yang ada di pasar-pasar. Kita berterimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu seperti RT/RW, kecamatan, OPD, kepolisian, TNI, dan organisasi masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Agus menjelaskan bahwa pihaknya tidak bisa menargetkan kapan sistem pengangkutan sampah akan kembali normal. Pasalnya, volume sampah bertambah setiap jam dan hari.

"Kita targetnya tidak ada dua atau tiga hari (ke depan). Posisi yang sekarang kita pertahankan dan tingkatkan sambil menunggu pemenang lelang," terangnya.

Agus juga meminta agar semua pihak mau membantu dan bekerja sama untuk mengatasi permasalahan sampah, hingga pemenang lelang di tentukan. Yakni dengan tidak membuang sampah dijalanan dan bahu membahu mengantarkan sampah langsung ke TPA Muara Fajar.

"Saat ini sekitar 70 sampai 80 persen normal. Tumpukan-tumpukan sampah sudah banyak berkurang dan bersih. Mudah-mudahan banyak orang yang berpartisipasi dalam pengabdian membersihkan kota kita. Masyarakat kita ingatkan buang sampah malam hari agar kita bisa angkat dan bersihkan," pungkasnya.***