PEKANBARU - Wakil Ketua Komisi III DPRD Riau, Karmila Sari menyarankan kepada pemerintah untuk bisa memfasilitasi pembentukan Asosiasi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) se-Provinsi Riau sebagai solusi meningkatkan ekonomi masyarakat desa.

Dikatakan Karmila, dengan adanya asosiasi ini, Bumdes-Bumdes yang ada di seluruh penjuru Riau bisa bertukar pengalaman, memperbanyak akses membuka izin usaha dan akses pemasaran sehingga pegiat-pegiat ekonomi desa bisa belajar dari Bumdes yang sudah berhasil.

"Ini menurut saya bisa mengurangi kesalahan dalam manajemen dan kerugian dalam pengelolaan Bumdes," kata Ketua Fraksi Golkar DPRD Riau ini, Kamis (8/4/2021).

Apalagi, kata Karmila, Gubernur Riau Syamsuar sangat concern terhadap Bumdes ini, terlihat sejak awal memimpin, Syamsuar sudah mengucurkan dana ratusan miliar untuk Bumdes se-Riau. Tentunya, ini harus disambut dengan hasil yang baik juga oleh jajaran dibawahnya, termasuk Dinas yang membidangi pemberdayaan desa.

"Bumdes ini bisa mempercepat perputaran uang dalam peningkatan ekonomi dan Bumdes tentunya akan berperan penting dalam pengurangan pengangguran dan meningkatkan pendapatan di APBDes. Dan tentunya Evaluasi perkembangan Bumdes menjadi penilaian bagi DPRD," tutupnya. ***