MANCHESTER – Pep Guardiola meminta suporter Manchester City untuk tidak rusuh jika nantinya keluar sebagai juara Premier League. Ini menyusul munculnya aksi kericuhan yang dilakukan suporter belakangan ini di sepakbola Inggris.

Dalam sepakan terakhir, sepakbola Inggris dikacaukan dengan sejumlah aksi tak bertanggung jawab dari suporter yang masuk ke lapangan lalu menyerang pelatih atau pemain. Deretan kejadian itu mendapat sorotan publik.

Striker Sheffield United, Billy Sharp diserang suporter Nottingham Forest yang masuk ke lapangan usai laga adu penalti semifinal playoff divisi Championship, 17 Mei lalu. Suporter bersangkutan belakangan sudah ditangkap pihak berwajib.

Dua hari berselang, muncul lagi kisuh manajer Crystal Palace, Patrick Vieira dengan suporter Everton yang melakukan pitch invasion usai The Toffees menang 3-2 dan dipastikan bertahan di Premier League. Vieira diduga diprovokasi.

Di hari yang sama, terjadi juga kericuhan di semifinal playoff League Two antara Port Vale vs Swindown Town. Suporter Port Vale merayakan kemenangan adu penalti dengan menyerang para pemain Swindown.

Kecaman pun hadir akibat kejadian ini, termasuk dari para manajer Premier League. Premier League pun berupaya melakukan sejumlah langkah untuk menangkal kejadian serupa di masa depan.

Mengenai apa yang terjadi belakangan ini, Guardiola meminta suporter Man City untuk tak mencontoh perilaku buruk tersebut. Ia meminta suporter tetap berada dalam koridor aturan yang berlaku.

"Mereka harus berhati-hati, apa yang terjadi di Goodison and Port Vale dan di laga lain - semifinal Championship - penuh emosi dan kebahagiaan, itu adalah situasi berbahaya dan kami harus mencoba bersikap sebaik mungkin," ujar Guardiola memberi peringatan, dikutip ESPN.

"Silakan berpesta di momen yang tepat. Insiden yang terjadi sungguh berbahaya, saya paham sikap Patrick karena kamu tak pernah tahu apa yang akan dilakukan orang lain," tegas Guardiola.

Man City akan menjamu Aston Villa di pekan terakhir Liga Inggris, Minggu (22/5/2022). Jika menang, maka Kevin De Bruyne dkk dipastikan menjadi juara musim ini.***