PEKANBARU - Untuk membantu pemerintah dalam melakukan antisipasi dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di tingkat desa, Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau turut memberdayakan kelompok tani peduli api (KTPA).

Kadisbun Provinsi Riau, Zulfadli menjelaskan bahwa pembentukan kelompok tani peduli api merupakan bentuk kerja sama dan partisipasi aktif antara masyarakat kampung sekitar lahan perkebunan perusahaan dan aparat pemerintah kampung.

"Kita di Perkebunan (Disbun) memiliki kelompok tani peduli api di desa-desa, ada sekitar seratus lebih kelompok tani. Mereka ini ikut membantu kita juga dalam melakukan antisipasi dan pencegahan kebakaran di wilayah tempat tinggal mereka," kata Zulfadli di Gedung Daerah Provinsi Riau, Jumat (5/3/2021).

Ia juga menyadari, bahwa KTPA tidak bisa bekerja sendiri dan masih mengalami keterbatasan prasana. Sehingga ia pun berharap perusahaan yang beroperasi di wilayah setempat dapat membantu sarana dan prasarana untuk KTPA di desa mitra kerjanya.

"Bantuan dari perusahaan itu kan bisa melalui kegiatan CSR maupun kegiatan sosial lainnya," jelasnya. ***