PEKANBARU, GORIAU.COM - Kompetensi tenaga Satpol PP Riau diakui masih kalah dengan Satker lainnya, bahkan harus diakui kalau tenaga Satpol PP lebih banyak diisi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat. Karenanya, ke depan, perlu upgrade kemampuan dan pengetahuan anggota Satpol PP.

Kepala Satpol PP Provinsi Riau Nizhamul SE MM didamping Kabid Opresional Deddy Zulhairi serta Kabid Pengembang Kapasitas Imran Adnan, ditemui wartawan, Rabu (31/10/2012) di ruangan kerjanya mengatakan, peningkatan tersebut diperlukan agar mampu menjalankan tugas dengan baik.

''Diakui kalau tingkat pengetahuan dari personil Pol PP ini perlu ditingkatkan lagi. Sehingga kedepan dapat terciptanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dalam menjalankan tugas diembannya,'' ujarnya.

Sementara itu Kabid Pengembang Kapasitas Pol PP Riau Imran Adnan mengatakan, untuk peningkatan SDM kearah yang lebih bermutu dan berkualitas, maka sesuai tugas dibidang yang diembannya akan terus melakukan pembenahan personil dengan memberikan pelatihan.

''Kita akui SDM personil di lembaga ini masih perlu ditingkatkan sehingga kedepan keberadaan Pol PP, khususnya ditingkat provinsi bisa menjadi acuan bagi kabupaten/kota se-Riau. Bila perlu jadi acuan Pol PP secara nasional,'' terang Imran.

Imran juga menegaskan saat inikan personil Pol PP Riau berjumlah sebanyak 650 orang. Dengan rinciannya 325 orang berstatus PNS dan 325 orang tenaga honorer yang selalu siaga menjalan tugas. Dengan personil yang berimbang ini, katanya akan menjadi pemikirannya untuk ditingkatkan SDM.

''Diketahui, dari 650 orang ini masih ada SDM yang perlu dibenahi. Pembenahan ini memang memerlukan waktu atau proses yang cukup panjang. Tetapi kita akan terus melakukan pembenahan SDM ini dengan memberikan pemahaman-pemahaman akan tugas Pol PP dilapangan, serta pelatihan,'' katanya. (rdi)