BENGKALIS, GORIAU.COM - Atlet panjat tebing asal Bengkalis, Neno Harto yang membawa nama Riau pada Kejuaraan Nasional Panjat Tebing Kelompok VII 2012 di Karangasam, Bali, 8-15 Oktober, melaju ke final kategori Lead Junior Putra. Babak final akan digelar, Selasa (13/10/2012). Sementara Irvan Kurniawan yang turun di nomor Speed Rcord Yout B, gagal melaju ke semifinal setelah terhenti di delapan besar, Minggu (11/11/2012).

''Alhamdulillah satu atlet kita berhasil melaju ke final. Harapan kita semoga Neno berhasil meraih medali,'' ujar Ketua Pengkab FPTI Bengkalis, Fivetrio Sulistio didampingi Manajer Tim Riau Hendri Eduardi dihubungi via telepon dari Karangasem, Minggu (11/11/2012).

Pria yang akrab disapa Lilik ini memiliki keyakinan kalau Neno bakal mampu menyumbangkan medali untuk Riau kendati lawan yang dihadapi sudah memliki jam terbang yang cukup. Seperti atlet tuan rumah Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Timur dan Jakarta.

''Dari segi jam terbang kita akui atlet kita masih kalah. Kejurnas di Karangasam ini merupakan pengalaman pertama bagi atlet kita. Namun dari segi teknik dan kemampuan atlet kita belum kalah,'' ujar Lilik.

Hal senada diungkapkan pelatih Riau, Miko Putra dan Novi Ridwan. Menurut keduanya, dari jam terbang atlet-atlet junior Riau masih kalah. Hal ini terlihat dari mental bertanding anak-anak didiknya ketika tampil seperti demam panggung. ''Dari awal memang kita tidak memasang target kepada anak-anak. Tujuan kita bagaimana mereka memiliki jam terbang untuk level nasional,'' ujar Miko diamini Novi.

Menyinggung peluang Neno yang lolos ke final untuk menyumbangkan medali, keduanya berharap Neno bisa tampil maksimal. Ia juga mohon doa masyarakat Riau agar Neno bisa memberikan yang terbaik untuk daerah. ''Kita berharap Neno bisa menyumbangkan medali. Namun kita tidak membebaninya. Mudah-mudah di final ia bisa memberikan yang terbaik,'' harap Novi.

Pada Kejurnas Kelompok Umur tahun 2012, Bengkalis mengirimkan 11 atlet untuk mewakili Riau. Yakni Neno Hartono Adha, Ezi Ramadhan, Rahmat Wahyudi untuk kelompok youth B. Kemudian Irvan Kurniawan, Ade Nandra, Septa Ariadi untuk kelompok youth B. Selanjutnya Syahrul Nizam, Hysam, Irma Muhaffiz untuk kelompok spiderkid.

Selain atlet dari Bengkalis, tim Riau juga diperkuat tiga atlet dari Kabupaten Meranti dan dua atlet dari Kabupaten Siak. Total atlet Riau yang tampil pada Kejurnas ini berjumlah 16 orang. (jfk)