DURI, GORIAU.COM - Makanan dan minuman import dari negeri jiran Malaysia, jelang Idul Fitri 1436 Hijriah mulai membanjiri pasar di kota Duri, kecamatan Mandau, kabupaten Bengkalis. Rata-rata makanan yang masuk merupakan makanan ringan, sedangkan untuk minuman, rata-rata merupakan minuman kemasan kaleng dan botol plastik.

Dari pantauan GoRiau.com, Kamis (2/7/2015) disejumlah toko grosir, makanan dan minuman dari Malaysia sudah mulai dipajang untuk dijual. Keberadaan makanan dan minuman dari Malaysia bukan hal baru di kabupaten Bengkalis khususnya di kota Duri. Hal tersebut sudah ada sejak lama dan menjadi salah satu barang yang dikonsumsi oleh masyarakat di kabupaten Bengkalis.

"Kalau makanan dan minuman dari Malaysia, bukan hal yang aneh lagi. Sudah sering terlihat di toko grosir. Apalagi sekarang mendekati lebaran, lebih banyak jenis dan rasanya. Sudah itu, harganya lebih terjangkau lagi," ujar Wati salah satu konsumen yang gemar membeli produk Malaysia.

Masyarakat di kabupaten Bengkalis lebih menyukai produk Malaysia dibandingkan produk dalam negeri, pasalnya produk negeri jiran lebih terjangkau dari produk dalam negeri, ungkap Wati.

Melihat kondisi seperti ini, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kabupaten Bengkalis menghimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati saat membeli produk import. Karena produksi produk tersebut tidak diketahui secara pasti.

"Jadilah konsumen cerdas. Agar dalam memilih dan membeli barang untuk berhati-hati. Lihat masa kadarluarsa dan standar mutu barangnya," kata Kepala Disperindag kabupaten Bengkalis M Fauzi saat dikonfirmasi GoRiau.com melalui Kabid Perdagangan Dalam Negeri Raja Airlangga.

Konsumen pun jangan melakukan aksi memborong suatu barang untuk kebutuhan, pungkas Raja lagi. Untuk pelaku usaha sendiri jangan menjual barang yang sudah melebihi waktu kadarluarsa.

"Apalagi bawang merah dan daging dari Malaysia sudah mulai masuk, beli dengan memilih mana yang segar dan tidak. Konsumen pun jangan mudah tergiur dengan harga yang murah," tutup Raja Airlangga.(ric)