SELATPANJANG - Berbagai ragam motif batik khas melayu seperti ombak bono, pucuk rebung, dan bunga kiambang produksi Batik Andalan yang merupakan mitra binaan PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) ramai dipadati pengunjung bazar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke VIII Kabupaten Kepulauan Meranti di halaman Kantor Bupati, Selatpanjang Sabtu (17/9).

Setelah membuka stand bazar MTQ, Wakil Bupati Kab. Kepulauan Meranti, Drs. H. Said Hasyim menyempatkan diri mengunjungi stand RAPP didampingi Ketua DPRD Provinsi Riau, Fauzi Hasan, Sekretaris Daerah, Wakil Ketua DPRD, dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Dalam kunjungannya, Wakil Bupati Dan Ibu Wakil Bupati menyempatkan untuk melihat salah satu hasil karya ibu-ibu pembatik binaan perusahaan pulp dan kertas ini. Ibu Wakil Bupati, Syamsiar Said Hayim menyampaikan apresiasi dan berharap hasil kerajinan dari Batik Andalan dapat bersinergi dengan kerajinan tangan lokal Kepulauan Meranti.

"Bagus ya batiknya, semoga kedepannya kerajinan mitra juga dapat bersinergi dengan kerajinan di daerah sini, terutama hasil kerajinan dari dekranasda kabupaten," tutur Ibu Wakil Bupati.

Stakeholder Manajer RAPP wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti, Samsuriya menyatakan bahwa RAPP ingin menampilkan produk kerajinan binaan dalam rangka mengenalkan ragam produk kearifan lokal.

"Melalui bazar ini kami berharap masyarakat luas khususnya Kepulauan Meranti dapat mengenal produk lokal binaan perusahaan, karena perusahaan akan terus berkomitmen untuk berkontribusi di segala bidang salah satunya dibidang pelestarian budaya. Seperti batik Riau Andalan ini yang memperkenalkan corak-corak batik khas Riau," ungkap Samsuriya.

Tidak hanya menampilkan batik, salah perusahaan kertas terbesar di dunia ini juga menampilkan berbagai macam produk hasil binaan RAPP, mulai dari madu, berbagai macam produk olahan ikan,serta menampilkan teknologi pemadam kebakaran dari tim Fire Fighter dan program Restorasi Ekosistem Riau. Bazar MTQ ini akan dilaksanakan dari Sabtu (17/9) hingga Jumat (23/9). ***