BAGANSIAPIAPI – Kondisi SDN 001 Sungai Besar Kecamatan Pekaitan, Rokan Hilir, Riau Rohil sangat memprihatinkan. Saat ini, atap dan plafon rusak berat.

Pantauan GoRiau.com, Selasa (14/3/2023), bangunan itu masih dipergunakan untuk proses belajar mengajar. Bahkan bangku murid berada tepat di bawah plafon yang rusak dan membahayakan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Rokan Hilir ( Rohil), Asril Arief, SSos saat dikonfirmasi GoRiau.com mengatakan, heran dengan bangunan itu karena seharusnya sudah cantik dan layak pakai karena setiap tahun selalu dianggarkan.

''Setiap tahun dianggarkan perbaikan sekolah dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN. Saya akan panggil kepala sekolah SDN 001 Sungai Besar untuk bertanggung jawab atas sekolah yang belum direnovasi," ujarnya .

Asril mengungkapkan bahwa kebanyakan sekolah di Rohil, baik tingkat SD maupun SMP, sudah direnovasi dan tidak ada masalah terkait pembangunan. Oleh karena itu, ia akan mengecek kembali apakah dana DAK telah diterima oleh SDN 001 Sungai Besar Kecamatan Pekaitan - Rohil.

"Saya akan memeriksa kembali SD 001 dengan operator terkait masalah dana DAK apakah sudah masuk atau belum," tutup Asril. ***