PEKANBARU – Wakil Ketua DPRD Riau, Agung Nugroho, mengapresiasi kinerja semua pimpinan DPRD Riau yang akhirnya berhasil menyusun Alat Kelengkapan Dewan (AKD), Rabu malam (12/5/2022).

Rotasi AKD, kata Agung, merupakan salah satu agenda yang pembahasannya cukup dinamis, karena semua fraksi memiliki keinginan yang besar dalam berbuat lebih banyak untuk masyarakatnya.

GoRiau Perwakilan fraksi dengan pimpi
Perwakilan fraksi dengan pimpinan dprd.
"Karena harus kita akui, posisi di AKD ini sahgat menentukan dalam membuat maupun menyusun program-program yang sifatnya untuk kepentingan masyarakat. Semua fraksi memahami ini, itu yang bikin agak lama prosesnya," ujar Agung.

Tapi berkat kekompakan dari semua pimpinan, sambung Agung, semua ketua fraksi akhirnya sepakat untuk satu persepsi, yakni membagi porsi pimpinan AKD sesuai proporsional. Dia berharap kekompakan ini terus dijaga, bahkan ditingkatkan.

Dari awal, tegas Agung, semua pimpinan sudah sepakat untuk membagi porsi AKD sesuai urutan fraksi terbesar, yakni dimulai dari Golkar, PDIP, Demokrat, Gerindra, PKS, PAN, PKB dan Gabungan (PPP, Nasdem, Hanura).

Namun, dinamika politik dan perbedaan persepsi membuat kesepakatan ini agak terkendala. Pimpinan DPRD Riau kemudian kembali merangkul ketua-ketua Fraksi untuk kembali kepada kesepakatan awal.

"Alhamdulillah semua sepakat, dan kita berhasil memparipurnakan AKD ini tanpa meninggalkan fraksi manapun, ini juga sekaligus menjawab semua pertanyaan tentang kondisi AKD di DPRD Riau. Kita ucapkan selamat bekerja untuk AKD yang baru, dan semoga bisa membantu Gubernur Syamsuar untuk mewujudkan 'Riau Lebih Baik'," tutupnya. ***