BANGKINANG - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kampar Muhammad Amin - Muhammad Saleh mendapatkan nomor urut 1 pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Kampar tahun 2017. Banyak yang menilai nomor 1 dianggap nomor cantik dan menjadi rebutan banyak orang.

Lantas, bagaimana makna angka 1 menurut Muhammad Amin. Menurutnya, angka atau nomor urut itu pada dasarnya sama saja, cuma memaknai nomor urut ini hanya untuk penyemangat saja. Penyemangat calon, tim dan pendukung.

Menurut Amin, angka 1 erat kaitannya dengan keesaan Tuhan. "Satu menandakan Allah itu satu dan kita berpedoman kepada yang satu dan mesti semua satu hati," ujar pengusaha sukses yang juga mantan santri ini.

Menurutnya, tak ada angka lain kalau tak ada angka 1. "Juara 1 itu pasti angka 1.Dengan angka 1 orang semangat angka 1. Karena menghitung dari angka 1 tak ada menghitung itu dimulai dari angka2,3,4 dan 5," ulas Amin.

Mengenai nomor urut 1 yang didapatnya ketika pelaksanaan pengundian nomor urut pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kampar, Rabu (26/10/2016) menurut Amin bahwa kita sebagai manusia, makhluk ciptaan Allah tak bisa melawan takdir Allah.

"Ini tanpa direkayasa, karena pencabutan undian tak bisa direkayasa. Ada campur tangan Allah. Kalau kita lihat ada setitik harapan tapi nomor urut ini tak berpengaruh secara signifikan, hanya sebagai penyemangat tim dan mudah diingat masyarakat," ulasnya.

Angka 1 menurut Amin dari segi makna filosofisnya berarti kekuasaan dan kekuatan. "Kenapa? Plat mobil bupati saja BM 1 berarti melambangkan kekuasaan. Gubernur BM 1 dan Allah adalah satu," ulasnya. ***