TELUKKUANTAN - Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Andi Cahyadi alias Aheng mengaku bangga atas prestasi yang diraih atlet-atlet dari Kuansing yang memperkuat Riau pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

"Saya bersyukur atlet-atlet Kuansing mampu bersaing di tingkat nasional. Bahkan meraih emas. Saya bangga dan mengapresiasi perjuangan Ingatan Ilahi sampai meraih emas," kata Aheng, Jumat (15/10/2021) pagi di Telukkuantan.

Hal itu disampaikan Aheng setelah Ingatan Ilahi menyabet emas untuk Riau dari Cabor Tinju. Atlet binaan Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Kuansing ini, Rabu (13/10/2021) lalu, berhasil menambah perolehan medali emas pada PON XX 2021 Papua.

Ingatan Ilahi merupakan petinju andalan Riau pada PON XX 2021 Papua dan berhasil meraih emas di kelas 52 kilogram putra mengalahkan petinju dari DKI Jakarta Aldoms Suguro.

Untuk melaju ke babak final, Ingatan Ilahi berhasil mengalahkan petinju Sulawesi Selatan dengan skor 3-0 pada partai semifinal di GOR Cenderawasih Kota Jayapura Papua.

Pelatih Tinju Riau Darman Hutahuruk mengaku bangga dan bersukur anak asuhnya berhasil meraih medali emas.

"Atas raihan Ingatan Ilahi itu kita bawa pulang 1 emas dan 1 perunggu dari Robi," ujar Pelatih Tinju Riau Darman Hutahuruk kepada wartawan baru-baru ini.

Sementara Ketua Pertina Kuansing Marwan SPd MM mengatakan bahwa Ingatan Ilahi sudah jadi atlet Kuansing sejak 2018. Bahkan, ia menjadi tenaga honor daerah.

"Dengan prestasi ini, tentu kita bangga dan mengapresiasi Ingatan Ilahi yang telah berhasil meraih emas di cabang olahraga tinju di kelas 52 kilogram," kata Marwan.

Masih kata Marwan, atlet Ingatan Ilahi akan diproyeksikan menjadi atlet nasional memperkuat Indonesia di Seagames mendatang.

"Bahkan untuk persiapan Seagames Ingatan Ilahi sudah melaksanakan TC di Batam," ujarnya.***