TELUKKUANTAN - Jika kreatif, tidak ada yang tidak mungkin dijadikan penghasilan. Seperti yang dilakukan oleh Kepala Desa Koto Kari, Kuantan Singingi Riau ini.

Berkat upayanya menghidupkan usaha pariwisata berupa danau, kini Danau Koto Kari bisa menyumbangkan pendapatan Rp24 juta sebulan untuk badan usaha milik desa (BUMDes).

Berbicara kepada Ketua DPRD Kuansing Andi Putra saat reses, Kades Koto Kari Ardiman mengatakan ada ratusan warga yang tinggal di kawasan itu.

Ardiman menjelaskan obyek wisata ini sudah mampu mempekerjakan puluhan warga di desanya. Artinya keberadaan obyek wisata ini, sudah mampu meningkatkan ekonomi masyarakat meski belum menyeluruh.

''Kami minta dukungan penuh DPRD untuk membangun desa kami,'' ujarnya dihadapan sejumlah tokoh adat, tokoh pemuda dan alim ulama di Kenegerian Kari. Mereka menyambut baik, kehadiran Ketua DPRD Kuansing Andi Putra, seraya berharap apa yang mereka inginkan bisa terwujud.

''Terdapat sekolah dan 2 musholla di lokasi tersebut, karena itu menurut hemat kami sangat layak untuk di tingkatkan dan di aspal,'' ujar Ardiman.

Sementara itu Ketua DPRD Kuansing, Andi Putra SH, MH tak segan segan memuji Kepala Desa Koto Kari, Ardiman di hadapan ratusan warganya.

Menurut Andi Putra, sosok Ardiman adalah kepala desa pejuang dan berprestasi. Salah satu bukti nyata, bisa menyulap Danau Koto Kari menjadi salah satu obyek wisata andalan di kabupaten Kuantan Singingi.

''Masyarakat Koto Kari harus berbangga hati, karena punya kepala desa pejuang dan berprestasi. Saya dapat info, jika saat ini Obyek Wisata Danau Koto Kari sudah mampu menyumbang sedikitnya Rp24 juta per bulan untuk BumDes di desa ini. Hal ini tentu sangat spektakuler, oleh sebab itu saya sangat mengapresiasi,'' ujar Andi Putra.

Kedepan, tambahnya, dirinya berkomitmen untuk terus mendukung setiap langkah kongkrit desa di Kuansing, termasuk obyek wisata Danau Koto Kari ini agar lebih maju dan di kenal lagi.

''Karena itu, hal-hal yang masih kurang agar diinventaris, dan dilengkapi dalam bentuk proposal. Selanjutnya akan kita perjuangkan, untuk di jadikan skala prioritas pembangunan di desa ini tahun mendatang,'' tegas Andi Putra.

Hal lain yang disambut positif Andi Putra adalah usulan peningkatan jalan Batang Punggai Kari, menuju kawasan sport center. ''Ini juga akan kita prioritaskan, untuk dibangun tahun mendatang,'' kata Andi Putra.

''Saya tidak berjanji, namun saya berkomitmen untuk merealisasikannya,'' tegas Andi Putra sembari mendapatkan aplus dari ratusan warga yang hadir. ***