PEKANBARU - Kapolresta Pekanbaru meminta jajarannya menjadikan Hari Bhayangkara ke-74 sebagai momentum untuk intropeksi kinerja, dan menjadi sosok pelayan masyarakat yang lebih baik lagi.

Hal itu disampaikannya saat puncak Hari Bhayangkara di Mapolresta Pekanbaru yang dihadiri Walikota Pekanbaru, Kajari Pekanbaru, Ketua Pengadilan Agama, Pejabat Utama Polresta Pekanbaru dan Ketua Cabang Bhayangkari Polresta Pekanbaru beserta pengurus.

Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Nandang Mukmin Wijaya mengatakan, peringatan hari Bhayangkara kali ini adalah momentum yang sangat tepat bagi jajaran Polri, khususnya Polresta Pekanbaru untuk melakukan introspeksi terhadap kinerja yang telah dilakukan selama ini.

Melakukan evaluasi, sejauh mana jajaran Polresta Pekanbaru mampu mengemban amanah yang dipercayakan oleh masyarakat dan negara sebagaimana prinsip hari esok harus lebih baik dari hari ini.

"Peringatan hari Bhayangkara kali ini dapat kita jadikan sebagai batu pijakan untuk melangkah maju ke arah yang lebih baik. Melalui berbagai upaya penguatan, serta perbaikan terhadap berbagai kelemahan dan kekurangan demi terwujudnya profil Polri sebagaimana yang diharapkan," kata Nandang, Rabu (1/7/2020).

Nandang menuturkan, 74 tahun bukanlah waktu yang singkat, dan mudah untuk dilalui. Berbagai dinamika dan pasang surut cobaan rintangan, tantangan dan hambatan telah mewarnai perjalanan sejarah pengabdian Polri.

"Namun kondisi tersebut tidak menyurutkan derap langkah Polri. Justru sbaliknya, akan memperkaya dan memperkuat nilai-nilai kejuangan insan Bhayangkara sebagai ukiran prestasi yang tercatat dalam lembaran sejarah bangsa Indonesia yang kita cintai ini," tuturnya.

Kemudian Nandang mengucapkan terima kasih, dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh personel jajaran Polresta Pekanbaru, atas partisipasi dalam mengawal, menjaga keamanan, ketertiban masyarakat selama masa pandemi Covid-19 yang sudah melebihi dari panggilan tugas Polri.

"Untuk itu, saya mengimbau agar kita tetap patuhi protokol kesehatan dan niatkan tugas sebagai ibadah kepada Allah subhanahu wa ta'ala Tuhan yang maha kuasa. Sehingga laksanakan dengan tulus ikhlas dan penuh kesabaran, meskipun dihadapkan pada berbagai tantangan yang cukup berat di masa pandemi Covid-19. Namun Polri terus berupaya semaksimal mungkin menampilkan kinerja yang lebih baik khususnya dalam mengatasi berbagai jenis kejahatan yang terus berkembang," ujar Nandang.

Lebih lanjut, Nandang menegaska khususnya di bidang pembinaan. Pihaknya telah melakukan berbagai upaya dalam rangka merubah mindset dan kultur. Guna menampilkan sosok Polri yang lebih melayani proaktif transparan dan akuntabel.

"Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh personil jajaran Polres Pekanbaru, yang telah berupaya dan bekerja keras sehingga kepentingan publik semakin baik dari waktu ke waktu di mana saat ini berdasarkan survei opini publik oleh indikator politik menempatkan diri pada urutan ketiga dengan indeks kepercayaan 79,4%. Semoga hal ini dapat menjadi penyemangat dalam pelaksanaan tugas kita dengan tetap mengedepankan tindakan pre-emtif preventif dan humanis penegakan hukum merupakan alternatif yang terakhir," tutup Kapolresta. ***