TELUKKUANTAN - Ramadan merupakan bulan suci bagi umat Islam untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Selama Ramadan, umat Islam senantiasa memperbanyak amal ibadah. Selain itu, Ramadan juga menjadi keberkahan tersendiri bagi sebagian masyarakat yang bekerja sebagai pedagang.

Melihat momen ini, Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian (DiskopUKM Dagrin) telah memfasilitasi para pedagang takjil yang akan berjualan di Pasar Ramadan.

"Kita telah menyiapkan tempat di Area Taman Jalur Telukkuantan. Tempat yang kita siapkan ini sudah sesuai dengan standar protokol kesehatan penanganan Covid-19," ujar Azhar, Kepala DiskopUKM Dagrin, Selasa (13/4/2021) di Telukkuantan.

Sebelum pasar ini dibuat, lanjut Azhar, pihaknya sudah melakukan pertemuan yang diikuti Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Camat Kuantan Tengah. Hasilnya, lokasi pasar takjil ditempatkan di sekitar Taman Jalur Telukkuantan.

"Pasar ini tidak menumpuk di terminal lama, tapi kita sebarkan ke ruas jalan sebelahnya. Yakni, Jalan Petapahan dan Jalan Gunung Kesiangan. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penumpukan keramaian di satu titik, yakni terminal lama. Apalagi, di terminal ini sudah ada pedagang yang berjualan selama ini," terang Azhar.

Untuk itu, Azhar meminta pengertian dari pedagang agar memaklumi kondisi pandemi Covid-19, sehingga tidak muncul klaster baru penyebaran Covid-19. Di sisi lain, DiskopUKM Dagrin juga telah memasang spanduk yang berisi imbauan agar pedagang dan pembeli memperhatikan protokol kesehatan.

Hingga saat ini, jumlah pedagang yang sudah mendaftar di Pasar Ramadan Telukkuantan sebanyak 94 orang.***