PEKANBARU - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan membuka pendaftaran dan penjaringan bakal calon kepala daerah di 9 kabupaten/kota di Riau.

Bendahara DPW PKS Provinsi Riau, Markarius Anwar mengatakan, bahwa pihaknya membuka penjaringan di 9 daerah yang mengikuti kontestasi pilkada dengan jadwal yang berbeda.

"Saat ini kita masuk ke penjaringan eksternal, karena sudah ada nama calon internalnya kemarin. Dan beberapa daerah sudah buka penjaringan seperti Dumai, Pelalawan, Bengkalis. Bukanya dengan jadwal yang berbeda sampai pertengahan Oktober ini," kata Markarius kepada GoRiau.com di Pekanbaru, Jumat (4/10/2019).

Mekanismenya, lanjut Markarius, nama-nama calon eksternal yang mendaftar akan didata terlebih dahulu. Kemudian, akan dikirim ke DPP.

"Kita lihat, calon mana yang paling potensial kita dukung. Keputusan tetap di DPP. DPD dan DPW hanya memprosesnya," jelasnya.

Legislator yang akrab disapa Eka ini juga menuturkan, untuk saat ini sudah ada beberapa nama populer yang mendaftar di PKS Pelalawan dan Dumai.

"Di pelalawan sudah ada yang daftar, ada Adi Sukemi dan Husni Tamrin. Banyak yang daftar, ada dari independen bukan hanya partai. Di daerah lain juga banyak, paling tidak ada 5 calon satu daerah," tuturnya.***