PEKANBARU - Dalam rangka memperkuat silaturahmi dan pengembangan program, Palang Merah Indonesia (PMI) Kampar melakukan kunjungan dan silaturahmi ke PMI Kota Pekanbaru pada Rabu (25/11). Rombongan pengurus PMI Kampar dipimpin langsung oleh ketua PMI Kampar, Drs H Zulher MS. Dan disambut langsung oleh Bendahara PMI Kota Pekanbaru, Adismar dan Kepala UDD PMI Kota Pekanbaru dr. Bebe Gani.

Ketua PMI Kampar, Drs Zulher MS, dalam sambutannya menyebutkan bahwa silaturahmi ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh PMI Kampar. Kegiatan ini sangat mendukung upaya pengembangan pelayanan sosial dalam bentuk donor darah di PMI Kampar nantinya.

"Dalam silaturahmi ini kita melakukan koordinasi dan sharing program dengan PMI Pekanbaru. Terkadang ada beberapa program PMI Pekanbaru yang dapat kita serap. Dan juga sebaliknya. Sehingga Sharing program akan terjadi dan pelayanan sosial ke masyarakat dalam bentuk donor darah dapat kita maksimalkan secara bersama"terang Zulher yang juga ketua PDDI Riau ini.

Sementara itu Bendahara PMI Kota Pekanbaru, Adismar, menyambut baik kedatangan rombongan PMI Kampar ini. Dia meyakini bahwa kegiatan ini turut meningkatkan motivasi seluruh pengurus dan Unit Donor Darah (UDD) kedua kabupaten/kota ini dalam melayani masyarakat.  

Kedua pengurus PMI ini berbagi pengalaman dalam menjalankan program seperti pelayanan program donor darah, bank darah, pemeriksaan trombosit, sosialisasi ke sekolah, kerjasama dengan perusahaan hingga penyerapan dana CSR dari perusahaan swasta.

Adismar menyebutkan bahwa PMI adalah organisasi nirlaba sehingga pengurus harus mencari cara agar seluruh biaya operasional dapat terpenuhi. Dia menyebutkan ada dua alternatif dana yang harus terus dijaga yaitu dana bantuan dari pemerintah daerah dan juga bantuan dari perusahaan dalam bentuk Corporate Social Responsibility (CSR).

"Bagaimanapun, peran pemda untuk memperhatikan PMI ini harus terus terjaga. Khusus PMI Pekanbaru sudah mendapatkan perhatian dari pemko namun memang tidak besar. Dan salah satu sektor yang selama ini tidak tergarap adalah bantuan dari pihak swasta dalam bentuk dana CSR. Kami berharap sektor ke depannya semakin terbuka"terang Adismar.

Selain melakukan kunjungan, selaku Ketua Persatuan Donor Darah Indonesia (PDDI) wilayah Riau, Zulher juga melakukan kegiatan donor darah di UDD PMI Kota Pekanbaru. (rls)