BAGANSIAPIAPI - Pasangan Petahana Bupati Rokan Hilir Riau H Suyatno - Drs Jamiludin yang merupakan koalisi Partai PDI-Perjuangan dan Partai Amanat Nasional (PAN), Jumat (4/9/2020) resmi mendaftarkan diri sebagai caloon bupati dan wakil bupati ke KPU Rohil.

Pasangan dijuluki Sudin Jilid II ini bergerak dari kantor koalisi PDI Perjuangan dan PAN di Jalan Merdeka Bagansiapiapi dengan ratusan massa dan kader partai muncong putih dan matahari terbit serta tim pemenangan.

Meski massa telah bergerak pada pukul 14.30 WIB, namun tidak terlihat kehadiran H Suyatno karena saat ini tengah menjalani isolasi mandiri dan harus mengikuti protokol kesehatan karena positif terjangkit Covid-19. Yang terlihat hanya Drs Jamiludin, Wabup petahana dengan kostum putih berpeci hitam didampingi Amansyah, Ketua DPD PAN Rohil sekaligus Ketua Koalisi dan Manston, Sekretaris koalisi partai pendukung yang juga Ketua DPRD Rohil.

Ratusan massa ini bergerak dari Jalan Merdeka melewati Jalan Pahlawan dengan belasan kendaraan roda empat dan dua, bergerak sambil yel-yel Sudin Jilid II menang hingga sampai di kantor KPUD Rohil di Batu Empat Bagan Punak.

GoRiau

Di KPUD Rohil, Drs H Jamiludin dan partai pengusung memasuki ruang pendaftaran disambut Komisioner KPUD dan Bawaslu Rohil beserta Sekretariat KPUD. Hampir 4 jam di ruangan pendaftaran, akhirnyapukul 18.10 WIB, Drs H Jamiludin dan rombongan keluar dari ruangan pendaftaran.

Dihadapan puluhan wartawan, Jamuludin menyampaikan salam Suyatno karena tidak dapat hadir bersama dikarenakan tengah isolasi mandiri dan mengikuti protokol kesehatan.

''Hari ini kami bersama partai pengusung PDI-Perjuangan dan PAN mendaftar ke KUPD, menyerahlan administrasi pendaftaran,'' ucap Jamiludin.

Sementara itu, Sekretaris DPC PDI-Perjuangan Rohil Maston sekaligus Ketua DPRD Rohil di hadapan massa pendukung Sudin Jilid II menyebutkan siap untuk berkompetisi dan berpolitik santun mengikuti aturan dan juga peraturan sesuai UU Pilkada.

''Usai mendaftar di KPUD, tentu segera konsolidasi untuk menggerakan mesin politik,'' ujar Maston. ***