TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Banyaknya pengerjaan proyek pembangunan jalan membuat Tembilahan dan Tembilahan Hulu dipenuhi dengan debu, terutama saat cuaca panas disiang hari. Maka Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan masker saat keluar dari rumah.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Diskes Inhil, Alvi Furwanti Alwi melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Diskes Inhil, kepada GoRiau.com Jumat (31/10/2014).

''Seperti yang kita tau, saat ini rata-rata semua jalan tengah dibangun. Pada penimbunan jalan sebelum diaspal itu yang mengakibatkan banyak debu, makanya kita ingatkan kepada masyarakat untuk waspada,'' jelas Saut.

Diskes sendiri, dikatakan Saut telah melakukan himbauan kepada setiap Puskesmas untuk melakukan himbauan ke sekolah-sekolah dan tempat ibadah seperti Masjid dan Mushola, agar masyarakat menggunakan masker saat keluar rumah.

''Iya, kita sudah perintahkan puskesmas untuk melakukan hal-hal pengendalian. Seperti menghimbau masyarakat untuk menggunakan masker dan yang depan rumahnya jalan sedang ditibun, agar menyirami setiap hari. Untuk menghindari debu,'' ujarnya.

Penyakit yang dapat menyerang jika terus-terusan menghirup debu, dikatakan Saut sama dengan penyakit akibat kabut asap. Yaitu Inpeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

''Debu itu bisa akibatkan mata perih, kulit gatal-gatal dan sesak nafas. Makanya sebelum terkena itu, kita minta masyarakat melakukan pengendalian dengan menggunakan masker saat keluar rumah,'' harap Saut.(ayu)