SINGINGI HILIR, GORIAU.COM - Unit Pengelola Kegiatan (UPK) program Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) Kecamatan Singingi Hilir menyelenggarakan kegiatan sosial yakni khitanan (sunatan) massal terhadap 120 anak dari keluarga tidak mampu yang ada diseluruh desa di Kecamatan Singingi Hilir.

Kegiatan khitanan massal yang ditaja UPK PNPM ini melalui sistem kluster yakni 4 desa digabung dalam satu tempat, bekerja sama dengan UPTD Kesehatan/Puskesmas yang ada di Singingi Hilir. Kegiatan ini mulai dilaksanakan sejak tanggal 27 Oktober bertempat di UPTD Kesehatan desa Beringin Jaya dengan peserta khitanan massal yang berasal dari desa Suka Maju, Beringin Jaya, Bukit Raya dan Suka Ramai.

Kemudian pada 27 Oktober digelar di UPTD Kesehatan desa Sungai Buluh dengan peserta berasal dari desa Suka Maju, Simpang Raya, Sumber Jaya dan Muara Bahan. Kemudian pada 28 Oktober dipusatkan di UPTD Kesehatan Desa Koto Baru dan berasal dari Desa Koto Baru, Petai, Sungai Paku, dan Tanjung Pauh.

Ketua panitia kegiatan khitanan massal Kosim mengatakan, menyampaikan upacapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi terlaksananya kegiatan khitanan massal ini. Anggaran yang digunakan untuk kegiatan ini berasal dari surplus tahun 2013 sebesar Rp75.000.000. Juga ada bantuan kerja sama dengan KUD yang ada di Singingi Hilir Rp2.000.000. Setiap anak yang dikhitan/sunat mendapatkan paket mulai sarung, baju muslim dan peci.

Kegiatan ini juga dibuka Camat Singingi Hilir yang diwakili oleh Sekcam Delta Indra, dan dihadiri anggota DPRD Kuansing Komperensi, Kepala UPTD, PJOK, Kades, BPD, Ketua KUD, dan undangan lainnya serta tokoh masyarakat dan masyarakat Singingi Hilir.

Anggota DPRD Kuansing Komperensi yang hadir selama kegiatan berlangsung menghimbau kepada semua pemerintahan desa dan kecamatan untuk terus mendukung kegiatan PNPM-MPd, karena telah banyak memberi andil dalam pembangunan baik infrastruktur maupun pembangunan ekonomi masyarakat.  Kita berharap kedepan pemerintah desa dapat melakukan sharing dana dengan UPK sehingga kegiatan sosial RTM dapat mengakomodir peserta yang lebih banyak daripada saat sekarang ini.

Sementara Camat Singingi Hilir diwakili Sekcam Delta Indra menyampaikan ucapan terima kasih kepada kelembagaan UPK  yang setiap tahun telah memberikan bantuan sosial bagi RTM, berharap ke depan bukan hanya kegiatan sunat massal tapi kegiatan sosial lainnya juga dapat dilaksanakan agar semakin banyak RTM yang menerima manfaatnya.

Kemudian dirinya atas nama pemerintah mengucapkan selamat atas kinerja UPK yang baik sehingga memperoleh prestasi membanggakan sebagai UPK terbaik Tingkat Kabupaten Kuansing dan semoga dapat dipertahankan dan mampu meraih prestasi yang lebih tinggi lagi. tlk