SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Dinas Pasar, Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Siak menyatakan sebanyak 49 batrai lampu tenaga surya yang menerangi jalan-jalan kecamatan hilang.

Menurut Kepala Dinas, Wan Ibrahin Surji, ia baru mengetahui batrai lampu tersebut hilang lantaran banyaknya lampu penerangan yang tidak menyala. Melihat kondisi itu, tim dari DPKP Siak mengecek kondisi lampu.

"Saat diperiksa diang hari, ternyata bola lampu penerangan tidak memiliki batrai," ujar Wan Ibrahim. Jumlah lampu yang hilang tersebar di Jalan Kwalian, Pasar Berlantik, Kecamatan Koto Gasib, Kecamatan Siak.

Atas kehilangan batrai ini, Wan Ibrahim mengaku sudah membuat laporan ke Polisi. "Kehilangan ini sudah kami laporkan," tegasnya.

Menurut Wan Ibrahim, Cara kerja lampu penerangan tersebut yakni mengunakan tenaga surya. Ketika siang hari, panas matahari mengisi baterai itu sehingga tidak perlu mengunakan aliran listrik seperti lampu biasa. Bila jalanan yang dipasang lampu penerangan itu sudah gelap, maka secara otomatis lampu menyala.

Pemasangan lampu penerangan tersebut dimulai sejak Januari 2012, untuk menunjang kelancaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII. Harga batrai yang hilang dicuri tersebut, per unitnya mencapai Rp2,5 juta. "Semoga pelakunya segara ditangkap dan dapat segara diadili," tutupnya. (***)