PEKANBARU - Walikota Pekanbaru Firdaus melakukan evaluasi kinerja seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Perkantoran Tenayan Raya, Selasa (21/7/2020). Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan evaluasi tersebut, termasuk kemampuan bersinergi atau bekerjasama diantara OPD dalam kepemimpinan pejabatnya.

"Pertama terkait tugas pokok dan fungsinya, artinya bagaimana kinerjanya sesuai tupoksinya. Kemudian, bagaimana dia mampu membuat rencana strategis untuk mencapai visi dalam tupoksinya, membangun smart city madani, dan kemampuan bersinergi dengan yang lain untuk mencapai RPJMD Kota Pekanbaru," ujar Firdaus, Selasa (21/7/2020).

Menurutnya, kemampuan bekerjasama sangat dibutuhkan dalam mewujudkan cita-cita membangun daerah. Tak hanya di lingkungan Pemko Pekanbaru (antara OPD dengan OPD), tetapi juga diantara pemerintahan dalam Pekansikawan yang wilayahnya saling bertetangga.

"Bekerja tidak bisa sendiri, mesti bersinergi. Maka itu kemampuan bersinergi ini harus dipahami, pertama-tama diantara OPD dulu, kemudian diantara daerah Pekansikawan (Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan)," ungkapnya.

Firdaus menjelaskan, dengan persepsi yang sama dalam bersinergi diantara pemerintahan, maka pengembangan kesejahteraan ekonomi, pembangunan pendidikan, kesehatan dan sebagainya akan dapat tercapai. "Dengan satu persepsi kita bisa sejalan, tidak yang satu ke kanan yang satunya lagi ke kiri," pungkasnya.***