PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru memperkirakan akan sulit mencapai PPKM level 1. Pasalnya, vaksinasi lansia sampai saat ini belum mencapai target 60 persen.

Asisten I Setdako Pekanbaru, Syoffaizal mengatakan, warga lanjut usia banyak yang menolak vaksinasi. Inipun menjadi tantangan bagi pemerintah dalam menggesa vaksinasi Covid-19.

"Lansia itu banyak yang tidak mau. Kalaupun ada yang mau, keluarganya yang menolak. Katanya, orangtua mereka hanya di rumah, tidak ada bepergian ke mana-mana. Jadi itu tantangan di lapangan," ujarnya, Sabtu (20/11/2021).

Berdasarkan data yang dirilis Dinas Kesehatan, total lansia yang telah disuntik vaksin per tanggal 18 November 2021 sekitar 24.174 orang atau sekitar 50 persen dari target 70.384 orang.

"Kita terus menggesa, melakukan percepatan melalui tim di Dinas Kesehatan dan Puskesmas," jelasnya.

Meskipun demikian, capaian vaksinasi lansia yang masih di angka 50 persen, diperkirakan upaya masuk ke Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 belum bisa dicapai.

"Kalau untuk level 1 tidak terkejar," terangnya.

Saat ini Kota Pekanbaru masih menjalani PPKM level 2 tahap keempat. Sesuai jadwal, PPKM akan berakhir pada 22 November mendatang. Agar bisa turun ke level 1, maka capaian vaksinasi lansia mesti mencapai 60 persen. ***