PEKANBARU, GORIAU.COM - Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit Riau pada periode 13- 19 Maret 2013 naik sebesar Rp15,25 perkilogram. Untuk sepekan kedepan, TBS akan untuk umur 10 tahun lebih akan dihargai Rp1.417,30 perkilogram. Kenaikan ini sesuai hasil rapat penetapan harga TBS Riau yang diselenggarakan Dinas Perkebunan Riau, Rabu (13/3/2013).

"Tadi sudah ada kesepakatanya untuk TBS sawit Riau, periode 13 hingga 19 Maret 2013 ini ditetapkanya harga sebesar Rp1.417,30 perkilo untuk usia yang diatas 10 tahun. Kesepakatanya, sesuai hasil rapat Tim Penetapan Pembelian TBS sawit yang dihadiri perwakilan perusahaan dan perwakilan petani sawit," kata Ketua Tim Penetepan Harga Sawit Dinas Perkebunan Riau, Ferry HC.

Penetapan harga TBS ini, tambahnya, sesuai ketentua dan harus ditaati semua pihak dalam transaksi jual beli. Sebab ini merupakan keputusan bersama, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.

Ferry mengatakan, jika dibandingkan dengan periode sebelumnya terjadi kenaikan sebesar Rp15,35 perkilo. Sebab pada periode tanggal 6 hingga 12 Maret 2013 ini ditetapkan harga TBS sawit itu sebesar Rp1.401,95 perkilo.

Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan, Disbun Riau ini mengatakan, terjadinya kenaikan harga TBS ini disebabkan dua faktor jadi penentu. Yakni pada faktor internal katanya, disebabkan naiknya penjualan CPO seperti disampaikan sejumlah perusahaan pemilik PKS sebagai pemasok data.

Sementara itu untuk faktor eksternal, sambung Ferry, karena permintaan terhadap CPO meningkat di pasaran dunia dan naiknya harga di Bursa Deveriati Malaysia. (rdi)