PEKANBARU- Komisi I DPRD Riau secara resmi mengumumkan 36 nama-nama yang ditetapkan oleh Panitia Seleksi (Pansel) sebagai calon komisaris di Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) dan Komisi Informasi Publik (KIP).

Untuk KIP sendiri, Pansel menyerahkan 300 persen nama dari total komisioner, yakni 15 nama. Hal itu tertuang dalam hasil seleksi test wawancara dan psikotes Calon Anggota Komisi Informasi Provinsi Riau tahun 2021 dengan Nomor : 034/Timsel-KI/IX/2021 tanggal 5 September 2021.

Pantauan GoRiau.com, lima orang komisioner petahana masih masuk dalam daftar, diantaranya Alnofrizal, Johny S Mundung, Tatanf Yudiansyah, Zufra Irwan, dan Hasnah Gozali.

Semenrara sepuluh nama lainnya adalah Abus Siraj, Afrizal, Asril Darma, Ferry Hardono, Hendrisman, Ikhsan Fitra, Junaidi, M Ramli, Muhammad Sodra Alhafid, dan Yulianti.

Selanjutnya, berdasarkan Berita Acara Keputusan Tim Seleksi Calon Anggota Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Riau Nomor: 14/TIMSEL-KPID/1/X/2021, Kamis, tanggal 19 Oktober 2021, peserta yang dinyatakan lulus seleksi calon anggota KPID Riau telah ditentukan.

Dari 21 nama tersebut antara lain, Abdullah Mitrin, Asril Darma, Ahmad Royhan, Bambang Suwarno, Dian Citra Andriani, Fithriady Syam, H. Falzan Surahman, Hisam Setiawan, Kazzaini KS, M. Asrar Rais, Mario Abdillah Khair, Misbah, Oziwirman, Putri Poppy Nirmala, Raga Perwira, Ridwan, Robert Satria, Suci Shintia, Taufik Hidayat, Tri Ranti, dan Warsito.

Ketua Komisi I DPRD Riau, Ade Agus Hartanto, berharap masyarakat bisa memberikan sanggahan terhadap semua nama tersebut agar komisioner yang terpilih memang layak menduduki jabatan tersebut.

"Kalau ada yang bermasalah, sekarang waktunya menyampaikan sanggahan, ini sebagai bentuk transparansi proses seleksi," katanya.

Sebelumnya, Komisi I DPRD Riau resmi menerima 36 nama dari Panitia Seleksi (Pansel) Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) dan Komisi Informasi Publik (KIP). Dengan rincian 21 nama calon untuk KPID dan 15 nama untuk KIP.

Juru bicara Pansel KI, Kepala Diskominfo Riau, Chairul Riski mengatakan, dari total 59 orang yang mendaftar di awal, namun dalam perjalanannya Pansel menjaring 15 nama atau 300 persen dari total jumlah komisioner KI.

"Nanti 15 orang ini akan dilakukan fit and proper test oleh komisi I, untuk ditentukan siapa 5 orang yang akan lolos dan duduk menjadi komisioner," ujar Chairul Riski.

Sementara itu, Ketua Pansel KPID, Aidil Haris, menjelaskan, di awal pendaftaran ada sekitar 41 orang yang mendaftar, dan yang lolos administrasi 39 orang. Ketika test CAT, hanya 37 orang yang ikut dan 30 diantaranya yang lolos.

30 orang ini kemudian dilakukan tes psikologi dan wawancara, maka terdapat 21 nama yang diserahkan ke DPRD. "Nilai tes psikologi dan wawancara dibagi, dan maka lolos 21 nama yang diserahkan hari ini," terangnya. ***