BAGANSIAPIAPI - Meski memiliki banyak atlet berbakat, namun Rokan Hilir tak kunjung melahirkan prestasi dalam kancah olahraga daerah khususnya Riau. Bahkan beberapa tahun belakangan, Rohil cenderung berada di dasar peringkat dari 12 kabupaten dan kota di Riau, yakni berada pada urutan ke-10.

Kegelisahan itu disampaikan Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong SIP saat diberi kesempatan memberi sambutan pada pelantikan Ketua KONI Rohil periode 2021 - 2026, Jhoni Carles di aula Serba Guna Bagansiapiapi, Rabu (8/12/2021). Pelantikan dilakukan oleh Ketua I KONI Riau Drs Destrayani Bibra MSi.

''Kita memiliki 32 cabang olahraga di Rohil ini, namun prestasi kita selalu diurutan terbawah, urutan 10 dari 12 kabupaten dan kota. Ini perlu kita tingkatkan, apalagi kita punya banyak atlet berbakat yang jika diasah dan dibina akan mampu melahirkan prestasi di tingkat daerah maupun nasional,'' ujar Afrizal Sintong.

Afrizal Sintong mengatakan, dahulu Rohil banyak melahirkan atlet berprestasi saat masih bergabung dengan Bengkalis, namun sekarang prestasi itu jauh menurun, padahal sumberdaya atlet sangat banyak. ''Saya titip kepada Ketua KONI Rohil yang baru, mari bangun olahraga Rohil sehingga mampu berprestasi di daerah dan nasional. Dan tentunya mengharumkan nama Kabupaten Rokan Hilir,'' harapnya. 

GoRiau Penandatanganan berita acara p
Penandatanganan berita acara pelantikan.

Sementara itu, Ketua KONI Rohil, Jhoni Carles menjawab tantangan Bupati Afrizal Sintong tersebut mengatakan dirinya bersama pengurus akan sekuat tenaga mengemban amanah tersebut dan mewujudkannya menjadi prestasi untuk Rohil.

''Kita akan persiapkan tim kerja yang tangguh untuk membina atlet-atlet kita sehingga mampu berprestasi. Selain meningkatkan sumberdaya pembina dan pelatih, KONI Rohil juga akan merangkul perusahaan yang ada untuk ikut ambil dalam pembinaan olahraga Rohil dan kalau bisa juga menjadi bapak angkat cabang olahraga,'' ujarnya.

Sementara itu Wakil Bupati Rohil, H Sulaiman SS MH usai pelantikan mengatakan Rokan Hilir sajak tahun 1958 merupakan gudangnya atlet Riau di berbagai cabang olahraga baik sepakbola, karate, tenis meja, bola voli hingga basket.

''Kita berharap dibawah kepemimpinan Jhoni Carles, prestasi olahraga Rohil bisa kembali bangkit dan mampu mengharumkan nama Rohil ditingkat provinsi maupun nasional,'' tutupnya. (adv)