LONDON – Ratu Elizabeth II dimakamkan bersama suaminya, Pangeran Philip di Kapel St George, Windsor. Ketika Philip meninggal, dia untuk sementara dimakamkan di Royal Vault di St George.

Dikutip dari Tempo.co, saat Ratu Elizabeth II dikebumikan, peti mati Pangeran Philip akan dipindahkan ke kapel peringatan untuk bergabung dengan Ratu, di mana mereka akan beristirahat bersama. Kapel St George juga merupakan tempat ibu dan ayah Ratu Elizabeth II dimakamkan, dan lokasi abu saudara perempuannya, Putri Margaret, disimpan.

Raja Charles III dan para pemimpin dunia tiba di Westminster Abbey pada Senin, 19 September 2022, untuk mengikuti prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II. 

Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan ibu negara Jill Biden memasuki biara tak lama setelah pukul 10 pagi, bergabung dengan Emmanuel Macron dari Prancis dan sejumlah pemimpin lainnya. Sekitar 2.000 orang berkumpul untuk kebaktian. Anggota keluarga kerajaan Eropa dan tokoh-tokoh penting termasuk di antara jemaat.

Menurut Evening Standard, Raja dan anggota keluarga kerajaan telah tiba di Istana Westminster setelah berkendara tidak jauh dari Istana Buckingham. Charles melambai pada warga dari kursi belakang kendaraannya, yang merupakan salah satu dari empat mobil yang tiba di Westminster Hall.

Ada sorak-sorai dari kerumunan saat mobil-mobil melaju melewatinya, dengan jalan-jalan penuh sesak dengan orang-orang yang mencoba melihat sekilas ke arah Raja. Charles tiba di Pintu Utara Westminster Hall sekitar pukul 10.34 pagi.

Peti mati Ratu dibawa dalam prosesi militer besar dari Istana Westminster ke biara untuk pemakaman pada pukul 11 pagi, diikuti oleh anggota keluarga kerajaan termasuk cicit mendiang, Pangeran George dan Putri Charlotte.

Pemakaman Ratu Elizabeth II disiarkan langsung sekitar 125 bioskop di seluruh Inggris. Sementara taman, alun-alun, dan katedral juga akan memasang layar lebar untuk acara seremonial besar itu.

Kementerian Kebudayaan Inggris, seperti dikutip Reuters dalam sebuah pernyataan pada Sabtu lalu, menyatakan, layanan pemakaman di Westminster Abbey dan prosesi di London juga ditayangkan langsung di televisi oleh BBC, ITV, dan Sky. Kerumunan besar berbondong-bondong ke London, Windsor, dan situs kerajaan di seluruh Inggris.***