PEKANBARU - Ketua DPRD Provinsi Riau, Indra Gunawan Eet mengatakan, bahwa pembangunan rumah layak huni (RLH) di 12 kabupaten/kota di Bumi Lancang Kuning akan kembali dianggarkan tahun 2020.

Dikatakannya, pembangunan RLH tahun 2020 kemungkinan akan bertambah, setelah sebelumnya dianggarkan Rp150 miliar dengan total 2.000 unit di seluruh Provinsi Riau.

"Tahun depan anggaran pembangunan RLH akan dinaikkan, ada beberapa daerah yang masih sangat membutuhkan rumah layak huni. Tapi sinkronisasi anggaran dengan pemkab harus benar-benar tepat," kata Eet di Pekanbaru, Kamis (24/10/2019).

Sinkronisasi anggaran yang dimaksud, lanjut Eet ialah kesinergian antara penganggaran dan pelaksanaan di lapangan. Sebab, dari informasi yang ia peroleh, realisasi pembangunan RLH di sejumlah daerah masih di bawah target.

"Contoh, di Kepulauan Meranti dibantu 150 unit, tapi progresnya baru 50 persen, padahal sudah deadline.Untuk di Bengkalis, progresnya sudah 80 persen. Makanya ke depan, kalau memang setiap kabupaten/kota di Riau tidak terealisasi dengan baik tentu akan kita pelajari dulu bagaimana mengatasinya," kata mantan pimpinan DPRD Bengkalis tersebut.

Untuk diketahui, dari data Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Provinsi Riau, masih ada 218 ribu unit rumah yang dibutuhkan masyarakat Riau.***