DURI - Kegiatan safari Ramadan 1437 hijriyah tahun 2016, Kelurahan Balik Alam dan Kecamatan Mandau secara resmi berakhir, Kamis (30/6/2016) di masjid Gonjong RW 03. Kegiatan dimulai dengan melaksanakan berbuka puasa bersama dan pembagian santunan anak yatim di lingkungan masjid Gonjong dan mushala Komputer RW 03.

Dikatakan Lurah Balik Alam, Fitrianita Eka Putri dalam kesempatan itu, rombongan tim safari Ramadan Kelurahan Balik Alam ini ada 25 orang yang terdiri dari ketua RT, RW, PKK, pengurus LKMK, Babinsa, Babinkamtibmas, Karang Taruna, Tokoh Masyarakat dan elemen masyarakat lainnya.

Alasan kenapa Lurah membawa seluruh elemen masyarakat ini adalah untuk memperkenalkan kepada masyarakat bahwa struktur kepengurusan yang ada sebelumnya sudah berganti. Hanya Karang Taruna saja yang baru akan diganti kepengurusannya setelah lebaran nanti.

"Alhamdulillah, selama perjalanan safari Ramadan kita ke 11 masjid dan mushala berjalan lancar dan baik. Masing-masing masjid dan mushala yang dikunjungi mendapatkan bantuan mulai dari Rp2,5 juta sampai Rp3,5 juta," kata Fitrianita Eka Putri dalam kata sambutannya.

Selain itu juga, lanjut Fitri menjelaskan, dalam setiap kegiatan safari Ramadan, dia juga mengajak masyarakat yang belum memiliki administrasi kependudukan agar segera mengurus hal tersebut. Mengingat pentingnya dokumen kependudukan itu.

"Termasuk bagi masyarakat yang ingin pindah ke luar daerah, karena di Duri tidak lagi mudah mendapat pekerjaan di perusahaan migas, ada banyak dipikir-pikir dulu. Atau sebaiknya mengurus surat pindah KK, serta surat pindah sekolah anak, agar kedepannya tidak bolak-balik mengurus itu dan tetap memiliki administrasi kependudukan yang lengkap dimanapun berada," imbuh Lurah lagi.

Dalam kesempatan yang sama, Plt Camat Mandau, Sapon SH MM juga menyampaikan bahwa manfaat positif dari kegiatan ini, adalah terbangunnya suasana keagamaan yang Islamiyah, dan silaturrahmi pemerintahan dengan masyarakat.

"Paling tidak ada hikmah yang kita ambil dari kegiatan safari Ramadan ini. Pertama merekatkan hubungan silaturrahmi antar sesama dan memotivasi masyarakat agar lebih giat beribadah," ujar Plt. Camat Mandau kepada GoRiau.com.

Seperti yang disampaikan Lurah tadi, lanjut Sapon, dalam kegiatan safari Ramadan ini juga sekaligus untuk menyampaikan program serta visi dan misi pemkab Bengkalis kedepannya. ***