RENGAT, GORIAU.COM -Aski pencurian ataupun perampokan terhadap nasabah bank semakin sering terjadi di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). Kali ini menimpa, Abdul Hasyim (37), warga Jalan Arif Rahman Hakim Rengat, Rabu (4/12/2013) sekitar pukul 10.30 Wib siang tadi.

Uang senilai Rp 70 juta yang diletakkan dalam jok sepeda motor Yamaha Soul lenyap dalam hitungan menit di Parkiran Bank Mandiri Rengat. Uang tersebut rencananya akan digunakan untuk membayar upah tukang dan kebutuhan pelaksanan proyek salah satu perusahaan milik keluarga Abdul Hasyim.

 

Ditemui di Mapolres Inhu, Abdul Hasyim mengungkapkan bahwa, pagi menjelang siang tersebut, ia pergi ke Bank BRI yang berada persis di samping Bank Mandiri Rengat untuk mengambil uang senilai Rp 175 juta bersama seorang rekannya, Ardison (30).

 

Setelah uang diambil dari Bank BRI, Hasyim kemudian membagi dua uang itu, masing-masing senilai Rp 105 juta dan Rp 70 juta. Uang Rp 150 juta dibawa Hasyim dan dimasukkan dalam bajunya untuk disetorkan ke Bank Mandiri Rengat. Sedangkan uang senilai Rp 70 juta diletakkan dalam sepeda motor Yamaha Soul warna putih yang dikendarai Ardison.

 

Dari Bank BRI Rengat, Hasyim dan Ardison kemudian menuju Bank Mandiri Rengat yang bersebelahan dengan BRI dengan menggunakan dua sepeda motor berbeda. Kedua sepeda motor itu kemudian diparkirkan di halaman Bank Mandiri Rengat.

 

Hasyim masuk ke dalam Bank Mandiri, sedangkan Ardison menunggu diluar sambil duduk diatas sepeda motor Yamaha Soul yang berisi uang senilai Rp 70 juta. Karena atrean panjang, Hasyim kemudian keluar dan meminta Ardison untuk mengisi BBM sepeda motor Honda Beat, sehingga sepeda motor Yamaha Soul ditinggal Ardison di parkiran.

 

Sepulang mengisi BBM sepeda motor Honda Beat tersebut, Ardison kembali lagi ke Bank Mandiri. Namun alahkah terkejutnya ia, ketika mengetahui uang yang ada dalam jok sepeda motor tersebut sudah tidak ada lagi. Ardison kemudian memberitahu Hasyim yang saat itu telah selesai menyetorkan uang senilai Rp 105 juta.

 

Kejadian tersebut, kemudian dilaporkan kepada pihak keamaan Bank Mandiri. Ternyata saat kejadian, tidak satupun keamaan Bank yang berada di parkiran dan mereka tidak mengetahuinya.

(jef)