SELATPANJANG, GORIAUCOM - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melalui Dinas Pertanian Peternakan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) gencan mengembangkan sektor pertanian. Hal itu dilakukan guna meningkatkan ketahanan pangan di Kepulauan Meranti.


Ketua harian Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Kepulauan Meranti, Drs H Masrul Kasmy berharap instansi terkait serius dan pengelolaan tentang pangan di Kepulauan Meranti.
"Karena ini sangat penting bagi kita sebagai daerah baru. Sehingga, ketahanan pangan bisa terjamin kedepannya," ujarnya, Rabu (1/10/2014) saat menghadiri rapat koordinasi ketahanan pangan di Selatpanjang.
Disamping itu, tambah Masrul, untuk memaksimal upaya pengembangan sektor pertanian, Pemkab juga berharap dukungan aspirasi dewan. Mengingat, upaya untuk mengatasi persoalan pangan itu sendiri saat ini telah diidentifikasi. Ia menilai keberadaan gudang pangan sangat dibutuhkan di Meranti.
"Gudang pangan ini perlu kita persiapkan mulai sekarang. Petani di daerah kita ini harus mendapat pendampingan. Saya kira penempatan tenaga penyuluh pertanian sangat tepat menjadi mentor pengembangan sektor pertanian. Dan, yang paling penting juga diingatkan bahwa infrastruktur pertanian harus dipadukan dengan dinas terkait. Kemudian, bagaimana hasil pertanian di daerah ini dikembangkan melalui market," tutur Masrul.
Sementara itu, Sekretaris Dewan Ketahanan Pangan, yang juga Kepala DPPKP Meranti, Yulian Norwis, mengatakan rapat koordinasi tingkat kabupaten Kepulauan Meranti ini merupakan forum strategis yang diadakan secara berkala dan berkelanjutan untuk mengevaluasi, mendiskusikan, membahas permasalahan dan merumuskan langkah-langkah operasional bersama dalam membangun ketahanan pangan
"Maksud dan tujuan diselenggarakan rapat koordinasi DKP ini untuk mengkoordinasikan dan mensinergikan berbagai kebijakan untuk mewujudkan kemandirian dan ketahanan pangan di Kabupaten Kepulauan Meranti," kata Icut.
Icut juga mengatakan, mengingat komplek permasalahan yang terjadi, maka penanganan ketahanan pangan memerlukan koordinasi lintas sektor. Melalui keputusan bupati kepulauan meranti 1681.1 tahun 2012 maka dibentuklah dewan ketahanan pangan (DKP) kabupaten kepulauan Meranti yang bertugas untuk membantu bupati dalam;
Merumuskan kebijakan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan kabupaten kepulauan meranti
Merumuskan kebijakan dalam rangka mendorong keikutsertaan masyarakat dalam menyelenggarakan ketahanan pangan
Melaksanakan evaluasi dan pengendalian dalam mewujudkan ketahanan pangan kabupaten meranti
Melakukan penyediaan pangan, distribusi pangan, cadangan pangan, penganekaragaman, pencegahan dan penanggulangan masalah pangan dan gizi
Tema dalam rakor tersebut 'politik pangan berkeadilan dan bermartabat untuk mewujudkan kedaulatan pangan, kemandirian pangan dan ketahanan pangan. Sementara peserta berjumlah 75 orang terdiri dari dinas terkait selaku anggota DKP Meranti, camat, pelaku usaha, asosiasi pedagang pasar dan KTNA Meranti.(zal)