SIAK - Pandemi Covid-19 memang belum tahu kapan berakhirnya. Namun faktanya saat ini, kasus Covid-19 di Kabupaten Siak dan daerah lainnya menurun drastis. Ini menjadikan semangat para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) bangkit kembali untuk meningkatkan ekonomi yang sempat anjlok dalam 2 tahun terakhir ini.

Yunus pedagang kue kering di Pasar Kandis, Kabupaten Siak, Riau ini mengaku tidak ingin larut dalam pandemi Covid-19 ini. Justru ia semakin bersemangat untuk tetap membangkitkan ekonomi keluarganya dengan merubah pola dagangnya.

"Biasanya kue kering yang kita produksi hanya kita jual di pasar saja menunggu orang datang membeli. Selama pandemi ini, polanya kita rubah dengan mengantar langsung ke pembeli. Jadi kita pasarkan lewat online kue kering produksi kita," kata Yunus, Senin (22/11/2021).

Meski belum mahir dalam menggunakan androidnya untuk memasarkan kue, Yunus dibantu anak dan istrinya untuk memasarkan kue kering jenis sagun. Usaha Kue sagun ini sudah sejak 8 tahun silam ditekuninya.

"Memang saya masih gaptek, tetapi anak dan istri say cukup mahir dalam menggunakan handphone android, jadi ini sangat membantu saya berjualan. Saya langsung yang mengantarkan ke pembeli untuk wilayah Kandis. Kalau ada pesanan dari luar Kandis, itu nanti anak yang mengirimkan lewat ekspedisi," kata Yunus lagi.

Dalam proses pembuatan dan pengemasan kue, kata Yunus, juga diposting secara online. "Kita ingin konsumen juga tau, dalam proses pembuatan dan pengemasan kita mengutamakan kehigienisan kue ini. Apalagi saat ini sebagian besar orang masih takut dengan penyebaran virus Corona yang mungkin saja dari makanan atau barang yang mereka terima dari orang lain," sebutnya.

Selama pandemi, kata Yunus, memang banyak jauh menurun hasil penjualannya. Namun ia yakin dalam waktu dekat akan meningkat kembali apalagi melihat kasus Covid-19 di Riau sudah melandai.

"Biasanya itu perhari bisa laku 10 kg, sekarang hanya 5 sampai 7 kg saja. Namun ini kami yakin akan meningkat lagi seperti sebelumnya," tutur Yunus.

Sementara itu, Pemerintah terus berupaya menekan laju peningkatan penularan Covid-19. Di sisi lain, pemerintah juga berusaha untuk menanggulangi dampak yang timbul akibat pandemi ini, salah satunya di bidang ekonomi. Sebab, keselamatan dan ketahanan ekonomi masyarakat merupakan prioritas utama pemerintah.

Bahkan Gubernur Riau Syamsuar juga mengajak masyarakat tetap taat terhadap protokol kesehatan sebagai upaya melindungi diri dari penularan Covid-19. Sehingga dengan begitu diharapkan pandemi bisa diatasi dan aktivitas bisa kembali normal dan ekonomi di Riau bangkit kembali. (Iwa)