SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Rombongan Japan International Cooperation Agency (JICA) melakukan kunjungan kerja ke Siak Sri Indrapura guna melihat keberhasilan pemerintah daerah bekerjasama dengan Polres Siak dalam membangun rumah kantor Bhabinkamtibmas, Sabtu (28/3/15).

Rombongan dipimpin Mr Okubo sebagai Ketua Team JICA-HQ dan Mr Naoki Maruyama sebagai Project Leader JICA-POLRI disambut Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi, Dir Binmas Polda Riau Dr Sugiyono SH MH dan Kapolres Siak AKBP Dedi Rahman Dayan meninjau rumah kantor Bhabinkamtibmas di Kelurahan Kampung Rempak, Kecamatan Siak.

Diakui Okubo, informasi kemajuan pembinaan gerakan Polisi Masyarakat (Polmas) melalui Bhabinkamtibmas di Kabupaten Siak yang menjadi percontohan se-Indonesia telah sampai ke Jepang. JICA sebagai lembaga kerjasama Internasional Jepang dibidang kepolisian bermaksud datang ke Siak memelihat langsung kemajuan Polmas.

"Kami datang untuk melihat ke depan support dalam bentuk apa yang dapat diberikan JICA, sekaligus ingin merasakan dan melihat langsung kondisi sinergi antar instansi di daerah ini dalam membangun kamtibmas yang disebut menjadi percontohan di Indonesia," kata Okubo di hadapan sejumlah anggota Bhabinkamtibmas yang hadir menyambut rombongan.

"Lebih baik kita melihat langsung dari pada hanya mendengar kata orang," ujarnya.

Pepatah Jepang yang disampaikan JICA rupanya berbalas, Bupati Syamsuar tak mau ketinggalan dengan peribahasa Melayunya. "Sebagaimana orang Jepang, kami orang Melayu Siak juga percaya pepatah orang tua-tua yang mengatakan sekali terminum air Siak, suatu saat tuan-tuan akan kembali lagi," kata Syamsuar.

Melalui pepatah itu secara implisit Syamsuar ingin menegaskan harapan agar kerjasama JICA, Polres Siak, dan Pemkab Siak ke depan dapat ditindaklanjuti.

Syamsuar menjelaskan, Siak sebagai kabupaten pemekaran yang baru berusia 15 tahun memerlukan upaya yang kontinyu dalam memelihara kamtibmas sebagai modal dasar pembangunan daerah. "Terlebih sebagai sebagai daerah tujuan wisata sejarah dan budaya melayu, kamtibmas perlu terus dijaga agar wisatawan nyaman melancong ke Siak," kata Syamsuar.

Untuk itu bersama jajaran Polri dan TNI serta aparatur lain terkait, pemerintah daerah memprakarsai sejumlah kebijakan dan kerjasama dalam menghidupkan peran Polmas. Diantaranya pertemuan rutin Forkopimda, memfasilitasi pembangunan 83 unit rukan Bhabinkamtibmas dari jumlah keseluruhan 121 unit yang akan dibangun disetiap kampung, hingga meningkatkan sinergi ditingkat pemerintah desa dengan Bhabinkamtibmas dan Babin ditingkat desa.

Dir Binmas Polda Riau Kombes Pol Dr Sugiyono mengatakan, kepolisian setempat amat terbantu dengan prakarsa dan ide cemerlang Pemkab Siak untuk menciptakan rasa aman di wilayahnya."Kemajuan Bhabinkamtibmas di sini membuat Kabupaten Siak dijadikan Mabes Polri sebagai daerah percontohan se-Indonesia, dimana Jawa Barat, Kalimantan Selatan dan Kabupaten Rohul sudah mulai ikut membangun Bhabinkamtibmas didaerahnya masing-masing," katanya.

Bahkan bukan hanya menasional, program yang ada ini menurutnya turut membuat polisi Siak sudah mendunia. "Buktinya beliau-beliau dari Tokyo ini bahkan sampai datang ke Siak berkat informasi kemajuan Bhabinkamtibmas," jelasnya.(rls)