PEKANBARU - Satu unit ruko ''Toserba 6000 Kangen'', yang berada di Jalan Bukit Barisan, Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, terbakar karena konsleting arus listrik.

PLH Kasi Operasional dan Investigasi Damkar Kota Pekanbaru, Fahriansyah mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 7.30 WIB, dan setelah pihaknya menerima laporan langsung mengerahkan 6 mobil pemadam kebakaran kelokasi kejadian.

"Yang terbakar toko toserba 6000 Kangen milik bapak Hasan Basri, jadi sumber apinya berasal dari lantai dua ruko tempat penyimpanan barang atau gudang. Kebakaran itu disebabkan dari konsleting arus listrik di ruko tersebut," kata Fahriansyah kepada GoRiau.com, Kamis (26/12/2019).

Selanjutnya Fahriansyah mengimbau, agar masyarakat ataupun pemilik usaha memperhatikan instalasi listrik yang digunakan dan menyediakan alat pemadam api ringan untuk mengantisipasi api membesar sembari menunggu kedatangan petugas pemadam kebakaran.

"Untuk kerugian materi belum dapat kita pastikan, yang perlu kita ingat itu agar selalu menyediakan apar di rumah atau tempat usaha untuk antisipasi dan penanganan awal jika terjadi kebakaran, lalu hubungi petugas damkar. Selanjutnya gunakan instalasi listrik yang SNI karena kebanyakan penyebab kebakaran itu karena terjadinya arus pendek listrik yang menimbulkan api," tutupnya. ***