PEKANBARU - Fenomena alam Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang terjadi 300 tahun sekali dapat dilihat dengan jelas dari Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Provinsi Riau pada 26 Desember 2019, mendatang.

Untuk acara fenomena alam yang bisa mendatangkan wisatawan lokal dan luar negeri ini, Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Pariwisata (Dispar), menggelontorkan anggaran sekitar Rp1 miliar. Fenomena alam yang ratusan tahun terjadi sekali ini sudah semakin dekat, namun belum didapati data pasti berapa jumlah homestay yang bisa digunakan.

Kabid Pemasaran Dispar Siak, Basriansyah ST MP saat dihubungi GoRiau.com mengatakan, bahwa sudah dibahas terkait rumah masyarakat yang akan digunakan sebagai homestay (penginapan, red), untuk pengunjung yang ingin melihat gerhana matahari cincin.

"Kita sudah rapat dengan bupati, camat, dan instansi terkait membahas kesiapan gerhana matahari cincin. Saat ini camat sedang mendata rumah masyarakat yang akan digunakan sebagai homestay. Ada masyarakat yang mau rumahnya digunakan untuk homestay dan ada juga yang tidak mau," kata Basriansyah, Rabu (4/12/2019).

Dikatakannya, diperkirakan ada ribuan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara yang akan datang ke Kampung Bunsur di Kecamatan Sungai Apit melihat langsung gerhana matahari cincin, 26 Desember 2019, siang.

"Untuk melihatnya kita sedang mempersiapkan kacamata gratis yang akan dibagikan kepada masyarakat. Namun, kami juga mempersilahkan kalau ada masyarakat yang mau membuat dan menjualnya di titik yang sudah ditentukan," ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan, akan ada kacamata besar yang rencananya memecahkan rekor MURI, sebagai kacamata terbesar melihat gerhana matahari cincin. Namun, kacamata ini baru rencana.

"Acara gerhana matahari cincin mulai dari 24 Desember 2019 dan puncaknya tanggal 26 Desember 2019, siang. Kita berharap ada ribuan pengunjung yang akan hadir nantinya," jelasnya.

Selain itu juga akan dilaksanakan Tabligh Akbar, Sholat Gerhana Berjamaah, Pencatatan Museum Rekor Indonesia atas Kacamata Gerhana terbesar, serta juga akan dimeriahkan oleh grup gambus modern Nissa Sabyan. ***