PEKANBARU -- Umat Islam mengharapkan agar malaikat pembawa rahmat selalu masuk ke dalam rumahnya. Namun perlu diketahui, bahwa ada rumah yang tidak dimasuki, bahkan dijauhi malaikat pembawa rahmat.

Dikutip dari Republika.co.id, ada tiga hal yang menyebabkan rumah dijauhi malaikat pembawa rahmat.

1. Masuk anjing dan ada patung

Prof KH Ahmad Zahro dalam karyanya Fiqih Kontemporer menuliskan, siapa pun Muslim yang memelihara anjing harus melarang anjingnya masuk rumah agar kesucian rumah tidak diragukan.

Hal ini didasarkan pada hadits sahih riwayat Abu Thalhah RA, bahwa Rasulullah bersabda: 

''Malaikat tidak mau masuk rumah yang di dalamnya ada anjing dan patung'' (HR Bukhari dan Muslim). Yang dimaksud malaikat di sini tentu malaikat pembawa rahmat.

2. Penghuninya tak pernah baca Alquran

Malaikat pembawa rahmat akan menjauhi rumah yang penghuninya tidak pernah membaca Alquran. Justru setanlah yang sering berada di dalamnya.

Dalam sebuah hadits riwayat Ibnu Sirin, Rasululla bersabda:

''Sesungguhnya, rumah yang di dalamnya dibacakan Alquran, maka lapanglah penghuninya, banyak kebaikan, malaikat menghadirinya dan setan-setan meninggalkannya. Sebaliknya, rumah yang tak dibacakan Alquran, maka sempitlah penghuninya, sedikit kebaikannya, malaikat meninggalkannya dan setan-setan mendekatinya.''

3. Istri memalingkan wajah dari suami

Malaikat pembawa rahmat menjauh dari rumah yang di dalamnya ada istri yang memalingkan wajahnya dari suami dan sang suami tidak ridha dengannya.

Bahkan malaikat melaknat istri yang enggan diajak suaminya berhubungan intim.

Dalam hadits riwayat Abu Hurairah berkata, Rasulullah SAW bersabda:

''Jika seorang suami mengajak istrinya untuk berhubungan, akan tetapi ia (istri) tidak memenuhi ajakan suami, hingga malam itu suaminya marah, maka ia (istri) mendapatkan laknat para Malaikat sampai subuh.'' (HR Muslim).***